Metropolis

Peran Pers Sangat Penting Tangani Covid-19

Keterangan foto : Wali Kota Dumai Paisal

DUMAI, RIAULINK.COM - Wali Kota Dumai Paisal mengatakan peran media dinilai cukup penting dalam menangani Virus Corona.

Hal itu diungkapkannya pada saat penandatanganan nota kesepahaman tentang sinergitas program perlindungan perempuan dan anak beberapa waktu lalu di Grand Zuri Hotel.

Pasalnya media berfungsi sebagai penyambung lidah pemerintah kepada masyarakat dalam mensosialisasikan tentang bahaya Covid-19.

Menurutnya, pers berpotensi sangat membantu pemerintah karena mempengaruhi pola pikir masyarakat dalam menekan lajunya perkembangan Covid-19.

“Alhasil, perilaku masyarakat bisa  berubah, malah ikut senantiasa berpartisipasi dalam penanganan virus itu. Perubahan perilaku sekarang lagi dikonsolidasikan terkait penanganan Covid-19,” tuturnya.

Dikatakan dia, pemerintah dalam hal ini Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kota Dumai telah menjalin relasi secara intensif dengan media dalam melakukan edukasi kepada masyarakat terkait penanganan Covid-19 di masa pandemi ini. 

“Sebanyak ratusan jurnalis dari berbagai media senantiasa memberikan informasi yang memberikan pengetahuan kepada khalayak luas,”tutur orang nomor satu di Kota Dumai.

Dalam mengedukasikan hal  tersebut, media juga sudah berperan dalam memberitakan tentang vaksinasi. 

Dikatakannya, vaksinasi sebagai kunci dalam pengendalian kasus Covid-19, dan ini cara Satgas Covid-19  meningkatkan pengetahuan masyarakat agar sadar serta sepenuh hati mengikuti program pemerintah untuk menekan angka Covid-19 di Kota Dumai.

"Pers juga sebagai gerakan untuk mengubah perilaku masyarakat untuk tetap tertib menerapkan protokol kesehatan Covid-19 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan air yang mengalir atau menggunakan handsanitizer, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas,"ungkapnya.

Terakhir dipaparkannya, dengan melakukan edukasi yang benar terhadap publik, maka akan membuat tatanan peradaban baru di Kota Dumai menjadi lebih baik dalam menyikapi penyebaran Covid-19.

“Artinya, media telah menjadi jembatan yang menyambungkan antara masyarakat dengan pemangku kebijakan yakni pemerintah berbagai tingkatan. Sekarang pers menjadi jembatan antara penduduk dan pemerintah,”pungkasnya.