Pendidikan

Peringati HUT Ke-76, PGRI Rengat Gelar Berbagai Lomba dan Santuni Korban Kebakaran

Ket Foto: Pemenang lomba Vokal Solo Lety Ariani saat menerima piagam penghargaan.

INHU, RIAULINK.COM - Dalam rangka memeriahkan HUT ke-76 PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) dan Hari Guru Nasional Tahun 2021, PC (Pengurus Cabang) PGRI Kecamatan Rengat, gelar berbagai perlombaan.

Tidak hanya diikuti para pelajar atau peserta didik dari tingkat TK, PAUD, SD, SMP dan SMA, perlombaan yang ditaja PC PGRI Rengat tersebut, juga diikuti oleh para pendidik (guru-red) dan tenaga kependidikan atau TU sekolah yang ada.

Perlombaan yang digelar adalah, mewarnai tingkat PAUD dan SD, melukis poster tingkat SMP dan SLTA, serta vokal solo antar para pendidik dan tenaga kependidikan. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula SD 007 Rengat, Senin (29/11/2021).

"Selain untuk memeriahkan HUT ke 76 PGRI dan HGN 2021, kegiatan ini juga bertujuan untuk menggali potensi dan bakat peserta didik, serta penyaluran bakat dan hiburan para guru dan tenaga pendidik yang sebelumnya terhenti akibat pandemi Covid-19."

Demikian diungkapkan Ketua PC PGRI Kecamatan Rengat, A Muis didampingi pengurus disela-sela acara. "Perlombaan ini juga untuk meningkatkan kembali semangat para guru dalam melaksanakan pertemuan tatap muka pasca pandemi," ujar A Muis.

Untuk tahun depan, A Muis bertekat kegiatan serupa dapat kembali terselenggara. "Apa bila pandemi Covid-19 benar-benar berakhir, pihaknya berencana akan melaksanakan kegiatan serupa untuk tingkat Kabupaten Inhu," tuturnya.

Ket Foto: Camat Rengat Sustiono didampingi Ketua PC PGRI A Muis saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada korban kebakaran.

Adapun para pemenang lomba dalam rangka peringatan HUT Ke 76 yang ditaja PC PGRI Kecamatan Rengat itu adalah :

Kategori Nyanyi Solo : Juara I diraih oleh Leti Ariany dari SD 011, disusul di posisi II oleh Eni Marningsih dari TK YKB, dan posisi III ditempati Maya Harena dari  SD 006 Sekip Hulu.

Sedangkan untuk Juara Harapan I ditempati oleh Asmaulin dari SD 010, Harapan II atas nama Irvan Ardiansyah dari SD 012, Harapan III Yesi Elfrida dari SMA N 1 Rengat, Harapan IV R. Dewi Mayang Sari dari SD Al Khansa, Harapan V ditempati Leli Marlinda dari SD 007.

Kategori Mewarnai TK : Peringkat I ditempati TK Budhis Paramitha, II TK INSANI, III TK PERTIWI. Untuk peringkat Harapan I diraih TK Inkuba, II Tk Almadani, Harapan III ditempati TK KARTIKA.

Kategori Mewarnai SD : Terbaik I ditempati SDN 006, II ditempati 015 Kuantan Babu, III ditempati SDN 007. Untuk juara Harapan I  diraih SD Budhis Paramitha, II SD IT Al Khansa, dan Harapan III sDN 021 Pasir Kemilu.

Kategori Melukis Poster SMP : Juara I diraih SMP N 1 Rengat, II diduduki SLB (Sekolah Luar Biasa) Rengat, dan peringkat III ditempati SMPN 05 Rengat.

Kategori Melukis Poster SLTA : Peringkat I ditempati oleh SMA 1 Rengat, II SKN 1 Rengat dan III ditempati MA YPAIR (Yayasan Pendidikan Agama Islam Rengat).

Bersamaan dengan itu, jajaran pengurus PC PGRI Rengat juga melakukan penyerahan bantuan kepada peserta didik yang rumahnya mengalami musibah kebakaran. Total bantuan yang diserahkan senilai Rp32.397.000, dan bantuan tersebut merupakan berasal dari sumbangan guru dan peserta didik di Kecamatan Rengat.

Para penerima bantuan tersebut diantaranya, Zahwa dan Zahra (SDN 010 Kambesko), Nadila Rasifah (SD 021 Pasir Kemilu), Andreano Fabhyan Hariri (SDN 019 Kampung Dagang) dan Al Ghazali Gabrel (TK Pertiwi Rengat). 

Bantuan tersebut diserahkan langsung Camat Rengat, Sustiono dengan didampingi Ketua PC PGRI Rengat A Muis dan pengurus. 

"Sumbangan ini merupakan bentuk solidaritas yang diinisasi PC PGRI Kecamatan Rengat kepada guru dan peserta didik yang mengalami musibah, baik itu sakit, meninggal dunia, musibah kebakaran dan lainnya. Solidaritas ini terus terlaksana sebagai bentuk nyata silaturahmi dan kepedulian PC PGRI Kecamatan Rengat," bebernya.

Atas hal itu, A Muis mengucapkan terimakasih kepada guru, tenaga kependidikan dan peserta didik dari seluruh sekolah di Kecamatan Rengat yang sudah berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosial maupun kegiatan lainnya yang diselenggarakan PC PGRI Kecamatan Rengat. Diharapkan, bantuan ini dapat bermanfaat dan meringankan beban para penerimanya, tutup A Muis.

Sementara itu, Camat Rengat, Sustiono mengaku bangga sekaligus memberikan apresiasi kepada pengurus PC PGRI Rengat yang telah memberikan kontribusi nyata melalui kegiatan solidaritas bagi korban musibah kebakaran tersebut. 

“Apa yang dilakukan PC PGRI Kecamatan Rengat ini adalah wujud nyata solidaritas bersama. Saya sangat apresiasi, apalagi bantuan yang diberikan jumlahnya cukup fantastis, sehingga dapat membantu meringankan beban saudara kita yang mengalami musibah,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Sustiono yang juga Ketua Satgas COVID-19 Kecamatan Rengat mengingatkan kepada pengurus PC PGRI Kecamatan Rengat dan peserta yang hadir pada pembukaan lomba mewarnai, membuat poster dan vokal solo untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

“Kita lihat saat ini kasus COVID-19 sudah mulai muncul kembali. Karena itu saya ingatkan agar tetap menjaga prokes dan vaksinasi, termasuk untuk pelajar," singkatnya. (adv)


Penulis: Jefri Hadi