Ekonomi

Naik 30 Ribu, UMK Dumai jadi 3,38 Juta 

Keterangan foto : Kepala Disnakertrans Kota Dumai, Satria Wibowo

DUMAI, RIAULINK.COM - Upah minimum kota (UMK) Dumai tahun 2022 naik Rp30 ribu atau sebesar 0,90 persen dari UMK 2021.

Penetapan UPK itu berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 36 tahun 2022 tentang pengupahan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Dumai Satrio Wibowo mengatakan untuk penetapan UMK ini dilaksanakan usai menggelar rapat bersama Dewan Pengupahan Kota (DPK) Dumai.

"Keputusan penetapan UMK Dumai 2022 sudah ditandatangani pula oleh Wali Kota Dumai,"ungkap mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Dumai ini menuturkan baru-baru ini.

Untuk selanjutnya UMK Dumai ini tinggal menunggu penetapan dari Provinsi Riau.

"Setelah diteken pak Wali Kota Dumai (Paisal) langsung kita serahkan ke Pemprov Riau, dan kami juga tengah menunggu penetapan dari Gubernur Riau (Syamsuar),"sambungnya.

Nilai penetapan UMK tersebut menjadi Rp3.414.160 dari UMK sebelumnya yakni Rp3.383.834. 

Dia ‎menjelaskan, UMK Dumai ditetapkan berdasarkan hasil rapat bersama DPK Dumai dengan mengacu pada ‎surat edaran Menteri Ketenagakerjaan dan Transmigrasi RI.

Disebut dia, penerapan UMK diketahui berdasarkan kondisi ekonomi dan ketenagakerjaan, meliputi variabel paritas daya beli, tingkat penyerapan tenaga kerja dan median upah.

Kemudian, tambah dia, data pertumbuhan ekonomi, inflasi, paritas daya beli, tingkat penyerapan tenaga kerja dan median upah bersumber dari lembaga yang berwenang di bidang statistik atau BPS. 

"Kami berharap dengan telah disepakatinya UMK Dumai, bisa meningkatkan kesejahteraan para buruh atau pun pekerja yang ada di kota Dumai,"katanya. 

Selanjutnya setelah ditetapkan oleh Pemprov Riau, baru pihaknya mensosialisasikan ke seluruh perusahaan yang ada di Dumai untuk bisa dijalankan sebagaimana yang telah ditentukan. 

"Kami juga akan sosialisasikan kepada serikat-serikat pekerja di Kota Dumai,"tutup dia.