Lifestyle

Kurangi Duduk, Lebih Banyak Bergerak Perpanjang Umur

ilustrasi

RIAULINK.com -  Ubah kebiasaan Anda duduk terlalu lama dengan lebih banyak bergerak! Penelitian terbaru menunjukkan lebih sedikit duduk dan lebih banyak bergerak membuat Panjang umur.

Studi yang baru saja dipublikasikan di American Journal of Epidemiology pada Senin (14/1) menemukan bahwa mengganti 30 menit waktu duduk atau tidak bergerak dengan 30 menit aktivitas fisik intensitas ringan dikaitkan dengan risiko kematian dini yang lebih rendah sebesar 17 persen. 

Bahkan, jika waktu 30 menit itu digantikan dengan olahraga intensitas sedang hingga berat, risiko kematian dini lebih rendah sebesar 35 persen. Artinya, jika lebih sedikit duduk dan lebih banyak bergerak, Anda akan lebih panjang umur.

"Kami masuk lebih dalam ke data untuk mencoba memahami: mengapa orang yang melakukan gerakan setiap 30 menit memiliki risiko kematian yang lebih rendah. Itu karena mereka memiliki lebih banyak kesempatan untuk bergerak," ucap Diaz.
"Jika Anda mengganti waktu duduk 30 menit dengan aktivitas fisik intensitas sedang seperti jalan santai di lorong, dapat menurunkan risiko (penyakit) Anda," kata peneliti Keith Diaz yang merupakan profesor di Columbia University Medical Center, dikutip dari CNN.

Hasil ini didapat setelah peneliti menganalisis data dari 7.999 orang yang berusia 45 tahun atau lebih. Aktivitas mereka dilacak dari tahun 2009 hingga 2013. Peneliti lalu menganalisis data itu jika waktu duduk atau diam diganti dengan aktivitas fisik.

Peneliti mendapati bahwa mengganti waktu duduk dengan dengan bergerak atau bahkan olahraga memberikan manfaat untuk kesehatan. Namun, hasil itu tidak berlaku jika hanya mengurangi waktu duduk menjadi lebih sedikit. Manfaat baru akan terasa jika waktu duduk itu diganti dengan bergerak.
 


Diaz berharap temuan ini dapat membuat orang lebih banyak bergerak dalam aktivitas sehari-hari.