Ekonomi

DPRD Sahkan Ranperda APBD Inhu Tahun 2022 Sebesar Rp1,4 Triliun, Ini Pesan Bupati Terhadap OPD

INHU, RIAULINK.COM - Kendati sempat molor selama 40 menit dari jadwal yang diagendakan pada pukul 20.00 WIB, akhirnya DPRD Kabupaten Indragiri Hulu, Riau mengesahkan Perda (Peraturan Daerah) tentang APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) tahun 2022 sebesar Rp1,423 triliun lebih.

Pengesahan dilakukan dalam rapat paripurna dewan yang dipimpin langsung Ketua DPRD Inhu, Elda Suhanura dengan didampingi Wakil Ketua I, Masrullah dan Wakil Ketua II, H Suwardi Ritonga.

Sidang paripurna tersebut juga dihadiri langsung Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi dan Wakil Bupati Inhu, H Junaidi Rachmat, serta Sekda Inhu H Hendrizal, Senin (29/11/2021) malam.

Bertempat di ruang sidang paripurna DPRD Inhu, sidang paripurna pengambilan keputusan DPRD terhadap Ranperda tentang APBD Tahun Anggaran 2022 itu, juga dihadiri perwakilan unsur Forkopimda, Ketua Pengadilan Agama Rengat, kepala OPD, Camat, dan Dirut BUMD.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Inhu, Rosman Yatim, menyampaikan APBD Inhu tahun anggaran 2022 terdiri dari pendapatan daerah, belanja daerah, dan pembiayaan daerah, dengan rincian sebagai berikut:

Pendapatan Daerah sebesar : Rp1.302.435.208.08

Belanja Daerah sebesar : Rp1.423.785.925.922

Pembiayaan Daerah sebesar : Rp121.785.487.634

Dengan demikian, total APBD Kabupaten Inhu tahun anggaran 2022 adalah  Rp1.423.785.925.922, sebut Rosman yang merupakan politis Gerindra tersebut.

Sementara itu, Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi dalam sambutannya mengucapkan terimaksih kepada Ketua dan Anggota DPRD Inhu yang telah bekerja keras siang dan malam, dalam melakukan pembahasan hingga pengesahan pada malam ini.

"Terimaksih saya ucapkan kepada Ketua dan anggota DPRD Inhu yang telah bekerja keras, sehingga RAPBD Inhu bisa disetujui untuk ditetapkan menjadi Perda APBD. Semoga kerja lesar ini bisa menjadi amal ibadah dan bermanfaat untuk kajian daerah dan masyarakat Inhu", tutur Rezita.

Dengan disahkannya APBD Tahun Anggaran 2022 ini lanjut Rezita, tentunya dapat digunakan untuk kepentingan pembangunan yang skala prioritas untuk kepentingan masyarakat. Dan Kedepan, diharapkan antara DPRD Inhu dan pemerintah daerah terus bersinergi dalam mewujudkan kemakmuran masyarakat, sebagai mana Visi Kabupaten Inhu.

Masih kata bupati perempuan termuda se-Indonesia itu, dengan disahkannya APBD Inhu tahun 2022 ini, pihaknya akan segera menyerahkan kepada Gubernur Riau untuk dilakukan verifikasi dan ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dan kepada masing- masing OPD, Rezita menegaskan jika verifikasi dari Pemprov Riau sudah selesai, diminta agar segera merealisasikan program-program yang telah ditetapkan, sehingga penyerapan APBD tersebut bisa maksimal, tutup Rezita. (Adv)


Penulis: Jefri Hadi.