Budaya

Lestarikan Seni Budaya, Disdikbud Dumai Gelar Festival Layang-layang

Keterangan foto : Wali Kota Dumai Paisal saat mengikuti salah satu lomba memanah pada Festival Layang-layang Waw Kota Dumai

DUMAI, RIAULINK.COM - Wali Kota Dumai Paisal menghadiri sekaligus Festival Layang Waw seluruh Kota Dumai tahun 2021. 

Bertempat di Jalan Samudera, Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat, Minggu (28/11/2021).

Acara yang ditaja oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Dumai Bidang Kebudayaan ini mengusung tema 'Merajut Silaturahmi dengan melestarikan permainan rakyat layang-layang di masa pandemi'.

Diketahui, permainan ini sudah digelar sejak Sabtu, 27 November 2021 kemarin yang diikuti oleh 50 peserta. Para pemenang selain mendapat piala, sertifikat pemenang dan uang produksi. "Dengan total jutaan rupiah yang bersumber dari APBD Perubahan Kota Dumai tahun 2021,"ungkap Kabid Kebudayaan Disdikbud Kota Dumai, Norzam.

Ia pun mengapresiasikan kepada pihak penyelenggara yang memberikan ide dan gagasan dari festival tersebut.

Saat ini Dumai sudah berada pada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level satu, sehingga Dumai bisa menyelenggarakan festival layang-layang ini, namun tetap dengan mengedepankan protokol kesehatan. 

Paisal juga berjanji ke depannya festival budaya ataupun panggung seni seperti ini akan terus dikembangkan. "Nantinya akan kita pusatkan kegiatan serupa di Taman Bukit Gelanggang (TBG) Dumai,"ucap orang nomor satu Kota Dumai ini.

Bahkan dikatakan dia, ke depannya TBG juga selain menjadi destinasi seni juga sebagai pusat olahraga bagi masyarakat Dumai yang dapat menarik wisatawan luar maupun domestik. 

"Dengan datangnya para wisatawan, membuat perekonomian masyarakat Dumai kembali menggeliat,"kata mantan Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai itu tegas.

Terakhir dia berharap seluruh kegiatan kebudayaan festival tradisi dan permainan rakyat ini akan tetap lestari sampai kapanpun.

"Kita mengajak seluruh masyarakat Dumai menggairahkan kembali tradisi budaya kita agar terus terjaga,"tutup dia.