Ekonomi

Serapan APBD Dumai Hingga November Baru 79 Persen 

Keterangan foto : Sekretaris Daerah Kota Dumai, Indra Gunawan

DUMAI, RIAULINK.COM - Sekretaris Daerah Kota Dumai, Indra Gunawan menyebut realisasi APBD hingga akhir November 2021 sudah mencapai 79 persen. 

Serapan yang paling banyak untuk kegiatan infrastruktur. Padahal menurut Indra belanja umum keuangan pemerintah daerah sudah mendekati angka 95 persen. 

"Namun karena terkendala sistem pelaporan sehingga penyerapan baru 79 persen. Jadi keterlambatan dalam menyiapkan administrasi dokumen,"kata Indra.

Namun ia optimis penyerapan bisa optimal hingga akhir tahun nanti, karena seluruh organisasi perangkat daerah diminta untuk menggesa pelaporan dokumen.

Dirinya juga sudah mengevaluasi beberapa kegiatan yang diperlukan percepatan progres, salah satunya kegiatan pembangunan gedung RSUD Dumai senilai belasan miliar rupiah yang bersumber APBD.

Disamping itu, Indra juga menyebut bahwa tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) dan badan anggaran (Banggar) DPRD Dumai dalam sidang paripurna sudah sepakati APBD tahun 2022 sebesar Rp1,3 triliun pada Rabu, 24 November 2021 kemarin.

"Rancangan APBD 2022 fokus pada kegiatan fisik pembangunan jalan, Dumai Islamic Centre (DIC), mal pelayanan publik (MPP) dan penanganan banjir ini selanjutnya segera dibawa ke Pemerintah Provinsi Riau untuk verifikasi,"sebut dia menutup.

Informasi tambahan, APBD Kota Dumai tahun 2021sebesar Rp1,168 triliun, atau mengalami penurunan dibanding APBD Perubahan tahun 2020 sebesar Rp1,4 triliun.