Metropolis

Mengenal Aplikasi Tepat dan Menguntungkan di Ruang Digital

SIAK, RIAULINK.COM - Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi,  Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Gubernur Provinsi Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar Kenali Jenis Aplikasi Tepat dan Menguntungkan di Ruang Digital yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Teknologi dalam era digital harus disikapi dengan hati hati, karena selain dampak positif juga akan timbul dampak negatif. Dr. Mahfud Fauzi, M.Pd menjelaskan tips umum berinternet sehat diantaranya pasang aplikasi pencegah konten yang tidak dikehendaki, batasi pemberian informasi yang bersifat pribadi, jangan merespon email dari pengirim yang tidak dikenal atau spam dan jangan membuka link yang diberikannya, segala sesuatu yang bersifat pribadi lebih baik tidak dipublikasikan, kenali pengguna yang berpotensi melakukan tindakan asusila, beri porsi komentar yang sewajarnya. Adapun Yulia Farida, M.Pd Wakil Bidang Kurikulum SMAN 2 Tualang memaparkan dampak positif literasi digital adalah meningkatkan prestasi belajar, update sumber ilmu pengetahuan, dan memudahkan memperoleh informasi.

Chika Audhika, S.I.A sebagai Co-Founder dan CMO of Bicara Project mengatakan tingkatkan digital skill dengan cara mengetahui macam-macam produk digital, menguasai produk digital, dan memanfaatkan produk digital. Digital skill juga mempunyai manfaat yaitu menciptakan branding, memperluas koneksi, memperkuat bisnis. Webinar diakhiri dengan Key Opinion Leader Dio Hapsari sebagai TV Host dan Singer yang memberikan sharing session, kenali jenis aplikasi tepat dan menguntungkan di ruang digital.

Di era digital sekarang ini mahasiswa tidak perlu lagi pergi keruang pustaka, cukup dengan menekan link semua informasi kuliah akan tersampaikan dengan cepat dan akurat. Budaya literasi dosen dan mahasiswa agar terus dibudayakan melalui kemudahan informasi digital.