Metropolis

Lindungi Diri di Dunia Digital

KAMPAR, RIAULINK.COM - Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi.

Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Gubernur Provinsi Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar LINDUNGI DIRI DI DUNIA DIGITAL yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Dr. Virienia Puspita Senior Lecturer Binus mengemukakan sangatlah perlu melindungi informasi guna menghindari intimidasi online, pelecehan seksual maupun perundungan.

Mencegah penyalahgunaan data pribadi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, penipuan dan kejahatan menghindari potensi pencemaran nama baik dan termasuk hak kendali atas data pribadi. Jual beli data, profiling untuk target politik atau iklan di media sosial, pendaftaran akun pinjaman online, ambil alih akun, meretas akun, kepentingan telemarketing.

Indra Muin Sekretaris Kominfo Lampung Barat mengatakan pentingnya peran internet dalam kegiatan sehari-hari dengan beraktivitas atau berselancar di dunia maya (cyber) memberikan berbagai dampak, baik positif maupun negatif. Maka dari itu kita harus berhati-hati.

Hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan media sosial adalah jangan posting sembarangan, kenali teman-teman media sosial, jangan asal share berita di media sosial, jangan sok tahu segalanya, jangan menyinggung unsur SARA, jangan mudah terprovokasi sebelum mengetahui kebenarannya, lebih teliti dalam memilah dan memilih berita, informasi dan sebagainya, menurut Dr. Wida Rianti, M.Pd Dosen Pendidikan Bahasa Inggris. Amin Hidayat, S.H.I, MM memaparkan media sosial harus ditempatkan sebagai fasilitator kebudayaan baru, dan meningkatkan semangat toleransi antar anak bangsa.

Webinar diakhiri dengan Key Opinion Leader Bemby Noor sebagai Producer dan Influencer yang memberikan sharing session, lindungi diri di dunia digital.

Sebagai pengguna internet dapat aman berselancar di dunia digital, ada beberapa yang harus diperhatikan, yaitu membuat password unik dan rumit tapi mudah diingat, selektif memfollow atau follback teman baru, meminimalisir penayangan data pribadi.