Ekonomi

Realisasi Kegiatan APBD Riau Rendah, Wagub: Covid-19 Jangan Dijadikan Alasan

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution meminta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau agar COVID-19 jangan dijadikan alasan realisasi kegiatan APBD Riau 2021 rendah.

"COVID-19 jangan dijadikan alasan. Karena Covid-19 itu semua daerah mengalami hal sama," tegas Wagubri saat dikonfirmasi terkait realisasi kegiatan APBD Riau 2021 masih rendah.

Bahkan menurut Wagubri, Presiden Jokowi sudah mengingatkan jauh-jauh hari, bahkan sebelum berakhir tahun 2020 lalu, agar kegiatan tahun 2022 segera dimulai.

"Kalau ada terjadi seperti itu (proges lambat), kemudian ada alasan pekerjaan yang sampai hari ini belum diselesaikan, maka kalau dia berani mengambil harusnya bisa menyelesaikan dengan baik," ujarnya.

"Jadi tidak ada alasan COVID-19. Ini bukan Force Majeure (keadaan memaksa). Kalau Force Majeure bisa dimaafkan. Kalau tidak, silahkan media juga bisa mengawasi. Kita terbuka untuk itu, sehingga proses pembangunan di Riau bisa lebih baik," tambahnya.

Untuk diketahui, sampai pekan ketiga November realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau tahun 2021, untuk realisasi fisik baru mencapai 81,32 persen. Sedangkan realisasi keuangan 68,10 persen atau Rp6,6 triliun lebih dari total anggaran Rp9,7 triliun lebih.