Metropolis

Menjadi Cerdas di Era Digital

INHIL, RIAULINK.COM - Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital, Kamis (25/11/2021)

Sebagai Keynote Speaker Gubernur Riau yaitu, Drs. H. Syamsuar, M.Si dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang MENJADI CERDAS DI ERA DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Menjadi cerdas di era digital dengan menjaga etika dalam berdunia digital. Etika dalam internet diantaranya, amankan dulu diri kita, jangan terlalu mudah percaya dengan internet, hargai pengguna lain di internet, jangan mengganggu privasi orang lain, dan interaksi seperti dengan manusia pada umumnya, karena kita berinteraksi dengan manusia seperti di dunia nyata.

Gunakan kata-kata yang sopan sehingga tidak terjadinya kesinggungan, jangan memberikan info-info yang belum valid, perhatikan kata-kata yang ditulis, jangan menggunakan kata-kata yang mengandung sara, dan berhati-hati ketika memberikan data-data privasi, menurut M. Azmi sebagai Guru MTS Nurul Huda Sungai Pinggan.
Konsep pengguna digital berkarakter, seperti berfikir, berbicara, dan bertindak.

Tips untuk melindungi jejak digital antara lain, batasi jenis data yang kita bagikan, hindari situs web yang tidak aman, jangan masukkan data pribadi WIFI publik, batasi berbagi kita di media sosial, jangan masuk dengan facebook, dan gunakan layanan perlindungan identitas, menurut Dudi Wahyudi, M.Pd sebagai Guru SMAN 1 Cikulur.

Marliah, S.S., M.Pd sebagai Guru SMKN 2 Tembilhan dan Ketua Guru Indonesia Kab. Indragiri Hilir memaparkan, saat kita menulis sebuah karya atau mengomentari karya orang lain maka secara tidak langsung karakter kita tergambar di sana. Manfaat menghargai karya orang lain diantaranya, akan terjalin hubungan yang harmonis dan tentram, kita juga akan dihargai orang lain, saat menghargai kita telah melakukan sikap terpuji, dapat meningkatkan taraf hidup orang lain, dan terhindar dari sikap tercela.

Beberapa orang yang tidak bermoral lainnya tertarik menjiplak, lalu mencetak, serta menjualnya dengan harga murah. Key Opinion Leader oleh Ana Livian sebagai Mom Influencer menuturkan, tips perlindungan data pribadi di antarnya menggunakan password yang kuat, pastikan pengaturan privasi, hati-hati menggunakan data pribadi, dan jangan membagikan data pribadi.