Metropolis

Awal 2022, BAZNAS Gelar Rapimnas di Riau

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Sebagai apresiasi untuk Provinsi Riau, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bakal menggelar pertemuan tingkat nasional/rapimnas di Kota Pekanbaru, Riau.

Dalam pertemuan tersebut akan diundang BAZNAS Provinsi se-Sumatera. "Riau dipilih sebagai tuan rumah karena BAZNAS Provinsi Riau dinilai sebagai salah satu BAZNAS terbaik," ulas Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar usai bertemu dengan Pimpinan BAZNAS, di Kantor BAZNAS, kawasan Matraman, Jakarta, Rabu (24/11) lalu.

Gubri diterima Ketua BAZNAS KH Noor Achmad didampingi sejumlah pimpinan lainnya. Termasuk Direktur Zakat dan Wakaf Kemenag RI H Tarmizi Tohor.

Menurut Pimpinan BAZNAS lainnya, Rizaludin Kurniawan, Riau dipilih sebagai tuan rumah karena berbagai terobosan yang mampu dilakukan BAZNAS Provinsi Riau.

"Kami melihat banyak terobosan yang telah dilakukan BAZNAS Riau. Termasuk meningkatkan penerimaan zakat dari kalangan ASN. Ini juga tidak lepas dari peran Gubernur Riau sebagai pembina," ucap Rizal.

Rizal menyebut bahwa pertemuan di Riau diperkirakan akan digelar pada awal Februari 2022. "Kemungkinan besar kalau tidak akhir Januari ya awal Februari 2022," katanya.

BAZNAS, ulasnya, ingin melakukan asistensi agar penerimaan zakat dan wakaf dapat lebih dioptimalkan. 

"Kalau dari kalangan ASN sdh cukup banyak, kita mesti perkuat di luar itu, karena sebenarnya justru potensi zakat dan wakaf itu lebih besar selain ASN," katanya lagi.

Selain melakukan penguatan, BAZNAS, kata Rizal juga ingin membangun digitalisasi di lingkungan BAZNAS, sehingga transparansi menjadi sesuatu yang nyata. 

Ini juga bagian dari tekad BAZNAS untuk mendapatkan trust/kepercayaan dari publik.