Sosial

Wako Dumai Serahkan Bantuan RLH di Kelurahan Laksamana

Keterangan foto : Wali Kota Dumai, Paisal menyerahkan bantuan rumah layak huni kepada korban kebakaran di Kelurahan Laksamana, Kecamatan Dumai Kota

DUMAI, RIAULINK.COM - Wali Kota Dumai, Paisal menyerahkan bantuan rumah layak huni (RLH) kepada korban kebakaran di RT 003 Kelurahan Laksamana, Kecamatan Dumai Kota, Sabtu, 20 November 2021 kemarin.

Bantuan bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) perumahan swadaya, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Dumai dan Bank Riau Kepri.

“Bapak ibu yang tertimpa musibah, kita ambil hikmah dari apa yang terjadi. Berkeluh kesah tak akan menyelesaikan masalah. Namun Pemko Dumai berusaha semaksimal mungkin membantu dengan anggaran yang ada,”kata Wali Kota Dumai saat menyerahkan bantuan.

Paisal saat menyerahkan bantuan didampingi Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Dumai Fauzi Erizal, Camat Dumai Kota, Indra Safawi dan Lurah Laksamana, Sutino.

Selain bersumber dari DAK, Pemko Dumai juga menginisiasi dengan mengajak berbagai pihak agar pembangunan RLH bagi korban kebakaran bisa segera diwujudkan.

Bantuan yang diserahkan sebesar Rp20 juta dari DAK, bantuan dari BAZ Dumai sebesar Rp5 juta dan dari Bank Riau Kepri yang nilainya belum diketahui.

“Kami juga menggandeng BAZNAS dan alhamdulillah ini memang rezekinya Kelurahan Laksamana. Memang dananya terbatas. Bisa dibantu Rp5 juta. Dan insya Allah bantuan ini tepat sasaran,”kata Paisal.

Walikota berharap pembangunan RLH itu bisa selesai sebelum akhir Desember. Selain bisa segera ditempati, juga sesuai masa penggunaan anggaran tahun 2021.

“Kepada semua pihak terkait minta agar pembangunan RLH ini benar-benar di kontrol. Bagaimanapun juga ini bersumber dari APBD dan merupakan uang rakyat. Kualitas bangunannya juga harus dijaga,”sebut dia singkat.

Kepala Dinas Perkim Kota Dumai Fauzi Efrizal mengatakan pihaknya langsung berinisiasi kepada dinas-dinas terkait untuk membantu 10 unit RLH yang terdampak bencana kemarin.

“Untuk alokasi perumahan ini ada sekitar 45 unit di Kota Dumai, untuk Kelurahan Laksamana ini ada 10 unit, insyallah rumah layak huni di tahun-tahun berikutnya dapat kami berikan juga sehingga masyarakat kurang mampu dapat terbantu”, ucapnya.