Lingkungan

DLH Bersama Diskominfotiks Kompak Laksanakan Program Kamis Bersih

ROHIL, RIAULINK. COM - Dalam rangka mensukseskan program gerakan Kamis Bersih yang telah dicanangkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Rohil, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rohil Suwandi Ssos Bersama PLT Dinas Kominfotiks Hermanto Ssos melakukan kegiatan gotong royong dan Tanam Pohon yang dilaksanakan di Jalan SMA Negeri 2 Bangko Kelurahan Bagan Hulu, Kamis (18/11/2021).

"Hari ini kami bersama warga jalan SMA Negeri 2 Bagan Hulu, melakukan kegiatan gotong royong dalam rangka gerakan kamis bersih Yang dicanangkan oleh Pak Bupati dan Wakil Bupati beberapa bulan lalu. dan Alhamdulillah kami lihat antusias warga cukup luar biasa, kami bersama warga dengan tim Satgas, melakukan pembersihan dan menormalisasi Parit/ drainase yang ada di jalan SMA Negeri 2, termasuk juga sungai garam yang mulai menyempit akibat dipenuhi oleh tumbuhan-tumbuhan liar, kemudian paritnya  juga sudah mulai dangkal akibat lumpur yang tinggal oleh air pasang," Jelas Suwandi.

"Jadi kita berharap gotong royong yang dilaksanakan hari ini, ini bisa berkesinambungan setiap minggu dilaksanakan oleh warga, dan juga bisa di contoh dan ditiru oleh RT -RT  lainnya yang ada di kecamatan Bangko ini,  supaya sama-sama kita di hari Kamis itu kita sisihkan waktu 1 atau 2 jam untuk membersihkan lingkungan RTnya masing-masing," Ungkapnya.

Suwandi menambahkan, bahwa DLH sebagai leading sector kamis bersih  siap membantu, dan mendukung serta mensupport setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh RT  dan RW, apapun bentuknya termasuk juga tenaga petugas dari dlh, dan disamping itu kalau memang butuh tanaman-tanaman dlh siapkan tanamannya, ada pohon pelindung pohon peneduh.

" Termasuk juga sekolah Yayasan Muhammadiyah, yang kondisinya cukup memprihatinkan halamannya semak dan banyak ditumbuhi rumput liar. Jadi kami tadi sudah panggil pengawas mesin rumput kita, supaya dibantu untuk dibersihkannya, dan kami juga sudah berbincang bincang dengan ibuk Kepala sekolahnya, untuk planning kedepan itu halamannya kita akan coba turunkan alat berat kita, untuk kita bersihkan, dan setelah kita bersihkan, itu nanti bisa ditanami pohon-pohon, dan juga bunga-bunga," Ucap Suwandi.

Sehingga sekolah itu akan terlihat indah, tidak seperti yang kita lihat tadi yang mana sekolah tersebut terlihat semak, dan kotor, sehingga tidak layak sebagai tempat pendidikan, jadi makanya kita coba nanti bantu dukung SDS Muhammadiyah supaya sekolahnya asri sesuai dengan konsep kita sekolah adiwiyata itu bisa dikembangkan sana itu.

" Tadi sudah saya sampaikan ke pak RTnya minimal sebulan dua kali goro ini, kalau memang tidak bisa dilakukan seminggu sekali, jadi kedepannya nanti  mungkin ini disamping goro juga rutinitas harian kita juga akan tempatkan petugas kita di sini, untuk penyapu jalannya, tugas paritnya, jadi yang sudah kita gotong ditingkat pada hari ini bisa dirawat dan dipelihara oleh petugas kita itu," Sebutnya.

Suwandi mengatakan, bahwa Untuk Pembersihan Drainase di Jalan SMA Negeri 2 Bangko tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Rohil menurunkan sekitar 20 orang satgas, dan juga dibantu oleh staf di kantor yang terdiri dari PNS, dan PTT yang ikut membaur dengan masyarakat SMA Negeri 2 Bangko.

" Saya cukup senang dan gembira, karena gotong royong kali ini cukup luar biasa antusias masyarakatnya, ini yang perlu kita kembangkan. di tempat lain ada juga seperti ini, tapi mungkin perlu kita dukunglah semuanya, karena ini bisa dijadikan barometer contoh yang sangat baik untuk masyarakat kita," Timpalnya, 

Dalam kegiatan yang sama, PLT Kadis Kominfotiks Rohil Hermanto Ssos mengatakan, bahwa pemerintah daerah dibawah pimpinan Bupati Rohil Afrizal Sintong dan Wakil Bupati Rohil H Sulaiman memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada warga RT 026 Kelurahan Bagan Hulu.

" Atas nama pemerintah daerah dibawah pimpinan pak Bupati Afrizal Sintong dan H Sulaiman sangat mengapresiasi, dan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada warga RT 026 Kelurahan Bagan Hulu ini. karena, menurut informasi antusias masyarakat dalam mendukung Program Kamis Bersih ini, sampai ada yang menunda kelaut, dan tentunya pemerintah sangat menghargai akan antusias masyarakat tersebut. mudah mudahan apa yang menjadi gerakan RT 026 ini menjadi contoh bagi RT RT dan RW, serta desa maupun kelurahan yang lain yang ada di Kabupaten Rokan Hilir ini," Ucap Hermanto.

Lanjut Hermanto, bahwa program Kamis Bersih tersebut adalah merupakan program dari kita untuk kita, dimana dengan melaksanakan gotong royong tidak ada kepentingan kepentingan pribadi, tapi kepentingan bersama untuk mewujudkan lingkungan yang bersih. 

" Tentunya kebersihan ini penting dijaga oleh kita semua, karena dimana lingkungan kita, kitalah yang lebih tau, dan bagaimana kita bisa beradaptasi dengan lingkungan kita itu hanya kita yang tau. mudah mudahan dengan semangat ini ada kesadaran kolektif dari masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, tapi buanglah sampah di tempat yang telah disediakan oleh Dlh," Ujarnya.

"Tentunya dapat ketahui bersama bahwa Kepala Dinas Lingkungan Hidup sangat konsen dengan lingkungan, sehingga beliau hampir setiap hari ada dilingkungan masyarakat untuk mengatasi persoalan persoalan lingkungan yang berada di tengah-tengah masyarakat," tutup Hermanto.