Lingkungan

Tinjau Pembangunan Taman Hutan Kota, DLH Rohil: Kita Optimis Rampung Desember 2021

Keterangan Foto: Kadis Lingkungan Hidup Rohil saat meninjau Sejumlah Kegiatan.

ROHIL, RIAULINK COM - Kepala dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir Suwandi Ssos  meninjau pembangunan Taman Hutan Kota Bagansiapiapi yang kini sedang dikerjakan. Dan untuk Progres pembangunan tersebut kini sudah mencapai 60-70%, Kadis yang murah senyum ini optimis pengerjaan pembangunan tersebut dapat terealisasi dan bisa selesai tepat waktu.

"Hari ini kami melakukan peninjauan ke lapangan dan melihat progres kegiatan yang dilaksanakan rekanan kita, baik yang sifatnya tender maupun peninjauan langsung atau PL, Alhamdulilah saya lihat progresnya cukup baik, rata-rata sudah di angka 60 sampai 70% ,dan insyaAllah saya optimis menjelang Desember ini semua kegiatan yang dibangun di hutan kota ini bisa terealisasi dengan baik, dan bisa selesai tepat pada waktunya," Ucap Suwandi disela sela kunjungannya di taman hutan kota, Senin (15/11/2021).

Memang kita lihat ada beberapa rekanan tadi menyampaikan kepada kami, bahwa ada kendala kendala teknis, tapi itu tidak berarti, karena itu bisa diatasi, termasuk yang kita lihat saat ini, ini adalah bangunan untuk kantin, untuk UKM UKM kita nanti berjualan di sini, untuk menjajakan makanan dan minuman khas daerah Rohil.

"Insyaallah ini kalau ini sudah terlaksana semuanya, kita yakin Hutan Kota ini bakal ramai, termasuk juga bangunan yang di belakang tadi mungkin teman-teman lihat ada bangunan untuk panggung hiburan. panggung hiburan ini kita rencanakan nanti akan tampil  kaulah muda kita, pencinta seni kita  untuk menampilkan keseniannya, baik itu kesenian daerah maupun kesenian kesenian yang lainnya,"Jelas Suwandi.

Kemudian juga ada beberapa permainan  yang sengaja kita siapkan untuk anak anak kita seperti bebek dayung ada 5 unit, itu nanti bisa dimanfaatkan anak-anak kita yang datang ke hutan kota ini, yang bisa bermain bebek dayung di sungai yang sudah kita buat.

"Kemudian kedepan kami bekerjasama dengan Koni, insyaallah mungkin nanti melalui bantuan dana dari pihak ketiga ataupun dari swasta, koni akan membangun lapangan futsal disini dan juga panjat tebing, jadi ini kalau semua fasilitas sudah terpenuhi, saya yakin pengunjung bakal ramai, dan masyarakat berjualanpun laku, dan juga retribusi kita bisa pungut, baik retribusi Parkir, maupun retribusi sewa tempat kantin dan sebagainya," Kata Suwandi.

Selain itu, dihutan kota ini juga ada penangkaran hewan, kita sudah beli burung merpati sebanyak 2000 ekor, kemudian penangkaran hewan sudah kita masukkan anggaran tahun ini, nanti kita pilih hewan hewan yang tidak buas, mungkin kancil, rusa, kemudian juga ada hewan hewan yang lainnya.

"Itu kita sesuaikan dengan kultur yang ada disini, kemudian juga ada tanaman-tanaman yang nanti kita tambah di hutan kota ini, karena kita sudah dapat bantuan bibit dari Dinas kehutanan provinsi, ada sekitar 6 ribu batang, dan saat ini sudah disemaikan kembali, dan sudah kita pelihara supaya cepat besar, nanti kita tanam di areal areal yang masih kosong yang perlu kita tanam, insyaallah mungkin 2- 3 Tahun kedepan sudah jadi sesuai dengan konsepnya sebagai sarana edukasi, sarana rekreasi, dan sarana ekonomi, juga sebagai sarana pendapatan asli daerah kita," Ujarnya.

"Kita minta pada pengunjung yang masuk diarea hutan kota ini, untuk menjaga kebersihan dan keindahan, karena di hutan kota ini adalah sebuah tempat rekreasi, tentunya apapun yang sudah ditanam di sini jangan dirusak, sampah-sampah yang dihasilkan akibat aktivitas makan minum, tolong buang pada tempatnya, karena kita sudah siapkan tong sampah di setiap sudut, kalau memang bisa kita kelola sampah nya tempat ini bersih asri dan nyaman kita berada di lokasi ini," tutupnya.