Metropolis

Tinjau Proyek Jalan di Hidayat - Inhil, Gubri Tegur Keras Kontraktor

Gubri didampingi Bupati Inhil saat meninjau Pekerjaan Proyek di Hidayat, Sapat.

INHIL, RIAULINK.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menegur kontraktor yang tidak serius dalam pekerjaannya. Teguran itu ditujukan kepada kontraktor yang melaksanakan poyek pengerjaan jalan di Hidayat, Kec. Kuindra, Kab. Inhil. Batas akhir waktu pengerjaan semakin dekat, namun fisik jalan masih jauh dari kata selesai.

Menurut Gubri, proyek yang didanai dengan APBD Riau itu memakan biaya besar dan sangat sulit untuk bisa mendapatkannya. Jadi sangat wajar beliau marah melihat pengerjaannya yang asal-asalan.

"Ini proyek dananya besar. Dapatnya pun tak mudah. Jadi kalau macam nih pekerjaannya wajarlah saya marah. Kasihan masyarakat yang jadi korbannya," ucap Gubri dengan nada agak tinggi.

Proyek Pembangunan/Peningkatan PSU Permukiman Makam Syaikh Abdurrahman Siddiq ini dikerjakan dengan dana yang bersumber APBD Riau Tahun Anggaran 2021 sebesar lebih kurang 6 miliar rupiah. Ruas jalan ini menghubungkan Pelabuhan Hidayat ke lokasi makam bersejarah itu.

Setiap hari, peziarah dari berbagai daerah hingga manca negara datang ke sini untuk berziarah.

Sebelum meninjau proyek jalan, Gubri juga menyempatkan berziarah dan berdoa di makam. Beliau ditemani Bupati Inhil HM Wardan, Kepala UPT IV Dinas PUPR PKPP Riau dan sejúmlah kepala OPD kab. Inhil.

Syaikh Abdurrahman Shiddiq bin Muhammad Afif yang juga dikenal dengan Tuan Guru Sapat adalah seorang ulama kharismatik dari Kerajaan Indragiri yang hidup pada kurun waktu tahun 1857-1939. 

Menurut berbagai literasi, nama beliau terkenal hingga ke Mekkah karena pernah mengajar di Masjidil Haram. Murid-muridnya pun tersebar hingga ke berbagai penjuru negara.

Selain berjasa dalam pengembangan ilmu agama, Datu Sapat juga memiliki peran besar dalam sejarah perkembangan kerajaan Indragiri. Karena itu, menurut Gubri, selayaknya kita menghargai jasa beliau, salah satunya dengan membuat jalan yang bagus ke pemakamannya.

"Beliau ini besar jasanya bagi negeri ini. Beliau mufti Kerajaan Indragiri. Orang sholeh. Jadi pantaslah kita berkhidmat kepada almarhum dengan membuat jalan yang bagus di sana," ucap Gubri.

Karena itu Gubri mengingatkan kepada kontraktor pelaksana dan pengawas agar bekerja dengan sungguh-sungguh sesuai dengan spek yang telah ditentu. (Adv)