Pendidikan

Wako Buka Program Duta Salat di SMPN 6 Dumai 

DUMAI, RIAUKINK.COM - Wali Kota Dumai Paisal menghadiri pembukaan duta salat yang digelar oleh SMP Negeri 6 di Jalan Pembangunan, RT 19, Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai, Sabtu (13/11/2021).

Kegiatan duta salat ini perdana di Dumai, dilaksanakan di Masjid Nurul Ihsan selama dua hari, pada Sabtu, 13 November 2021 dan Minggu, 14 November 2021.

"Tujuannya untuk mendidik siswa dan siswi agar lebih berakhlak, tak hanya di lingkungan sekolah maupun di keluarga terutama dalam kehidupan sehari-hari,"sebut Kepala SMPN 6 Dumai, Andi Efendi di sela pembukaan.

Disebut dia lagi, tak hanya mendapatkan bibit unggul untuk menjadi duta salat salat yang nantinya akan mewakili setiap sekolah.

"Tapi juga menambah pengetahuan kepada siswa-siswi mengenai materi Alquran ,"ucapnya menimpali.

Tak lupa ia juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Wali Kota Dumai. 

"Kami benar-benar terkesan dan mengapresiasikan langkah pak Wali Kota Dumai ikut turut serta mendukung program ini. Insyaallah kegiatan ini akan terus berkelanjutan hingga tahun-tahun berikutnya,"ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Dumai, Paisal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Dumai mengatakan jika program ini agar membentuk siswa menjadi beradab.

Ke depannya akan digalakkan ke seluruh SMP di Kota Dumai. Nanti materi yang diajarkan selain menjadi duta salat juga diminta kepada pembimbing agar difokuskan kepada amalan dan doa pendek.

"Sehingga memudahkan mereka untuk mengingatnya dalam kehidupan sehari-hari, selain dalam mempelajari tata cara dan ketentuan salat,"ungkapnya.

Sedangkan untuk pelajar SD juga akan digalakkan hal serupa, namun lebih difokuskan kepada mengaji. 

"Mulai dari tingkat dasar yakni tahsin hingga tahfidz yang nantinya mereka akan diikutsertakan pada ajang MTQ (Majelis Tilawatil Quran),"sebut dia.

"Tujuan kita supaya dapat membangun karakter anak dari usia dini terutama di tingkat sekolah dasar,"ucap dia kepada riaulink.com usai acara.

Untuk mendukung kegiatan ini, mantan Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai ini juga menyampaikan pada Desember mendatang, akan menerbitkan buku Islami yang berisikan doa disertai gambar.

"Semua hal mendasar mengenai Islami mulai dari tata cara salat, baca Alquran hingga doa berisi puji-pujian kepada Allah SWT. Hal ini demi mempermudah siswa dan siswi untuk belajar dan semakin rajin membaca agar keinginan bermain gadget atau android berkurang,"terang dia.

Dumai satu ini pun meminta kepada orang tua atau wali murid turut serta mendukung kegiatan ini. Pasalnya akan ada banyak kegiatan positif lainnya. 

"Saya yakin jika kegiatan ini diamalkan InsyaAllah, dalam waktu dekat ini, itikaf kita dapat tercapai. Jadi peran orang tua sangat dibutuhkan, tentunya hal ini akan bermanfaat bagi anak mereka juga. Sehingga mengurangi mereka dari kegiatan bermain tapi lebih kepada fokus ke agama,"ucapnya tegas.

"Tak itu saja, kepada pihak sekolah kita juga berharap agar anak didik yang dititipkan kepada para tenaga pendidik untuk didik lebih baik lagi. Insyaallah dengan sinergi keduanya baik itu guru maupun orang tua, program ini dapat berjalan sesuai harapan kita,"tutup dia.