Metropolis

Literasi Digital dalam Meningkatkan Wawasan Kebangsaan

KUANSING, RIAULINK.COM - Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi,  Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 

Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021, Rabu (10/11/2021)

Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si. menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar Literasi Digital dalam Meningkatkan Wawasan Kebangsaan  yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Mahfudh Asy-Syairazy, M.Pd.I. menjelaskan Penting adanya edukasi untuk mendorong masyarakat menggunakan internet dengan bijak. Menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif-nya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet. 

Penting adanya edukasi dalam ber internet agar semua orang harus tahu cara aman, tips dan trik keamanan saat menjelajahi web di internet agar terhindar dari dampak buruk internet. Penyebab spam diantaranya terjadi kebocoran data, alamat email kita didapat secara acak, alamat email kita ditemukan secara manual, alamat email kita dijual oleh pihak yang tak bertanggung jawab, dan spammer berasal dari daftar kontak relasi, menurut Dra. Zulaikha, MSi.

Afrinald Rizhan, SH., MH Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan memaparkan agar terhindar dari perilaku penyebar berita palsu diantaranya jangan asal dan langsung share berita, boleh share namun lihat manfaat berita bagi pembaca, jangan mudah terpengaruh oleh judul, budayakan membaca sampai habis, berpikir kritis gunakan nalar dalam membaca dan mencermati setiap berita yang diterima. 

Tips sederhana pengguna media sosial diantaranya sesuaikan penggunaan media sosial dengan kebutuhan atau minat. Contoh, bagi yang memiliki hobi fotografi atau membuat video, dapat menggunakan media sosial Instagram dan YouTube. Atau yang memiliki bisnis, dapat membuat Fans Page di Facebook, menurut Ir. H. Samsir Alam, MM sebagai Kadis Kominfo Kab. Kuantan Singingi. 

Webinar diakhiri dengan Key Opinion Leader Ana Livian sebagai Mom Influencer yang memberikan sharing session, literasi digital dalam meningkatkan wawasan kebangsaan, pada era digital tentunya nilai-nilai nasionalisme harus ditanamkan melalui literasi digital, agar masyarakat bisa menjadikan pancasila sebagai pembatas dari pemahaman yang menggerus kedaulatan negara.