Metropolis

Penyelamatan Sungai Bangko Rohil perlu Komitmen Bersama

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengharapkan adanya komitmen bersama dari semua pihak, baik pemerintah daerah maupun pihak swasta dalam rangka menyelamatkan dan memperbaiki Sungai Bangko, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Ia mengungkapkan, saat ini kondisi Sungai Bangko mengalami penurunan kualitas karena tersumbat akibat tumbuhnya rumput di dalam sungai. Sehingga, menyebabkan masyarakat setempat kehilangan mata pencarian, khususnya nelayan yang tinggal di sekitar sungai.

Gubri meminta penyelamatan Sungai Bangko ini segera dilaksanakan. Mengingat kondisinya sudah memprihatinkan. 

"Bagaimana memperbaiki ini (Sungai Bangko), harus ada komitmen bersama," ucapnya, di Kantor Dinas LHK Provinsi Riau, Rabu (3/11/21).

Syamsuar mengungkapkan, sesuai instruksi Presiden RI, negara harus hadir ditengah masyarakat. Untuk itu menurut Gubri, upaya memperbaiki Sungai Bangko menjadi salah satu upaya pemerintah hadir di tengah masyarakat.

"Kita harus jalankan langkah-langkah yang tepat tangani ini," ungkapnya.

Orang nomor satu di Riau ini mengharapkan kolaborasi antara pemerintah dan pihak swasta terkait masalah ini. Karena sebutnya, jika ditangani bersama maka akan semakin lebih mudah mengatasinya.

Ia juga meminta bantuan perusahaan yang ada di sekitar Sungai Bangko untuk membantu pemerintah. Bergotong royong untuk melakukan normalisasi sungai tersebut.

"Untuk ini kami mengharapkan kolaborasi antara pemerintah dengan swasta," ujarnya.

Disamping itu, Gubri juga mengharapkan Detail Engineering Design (DED) penyelamatan Sungai Bangko segera disusun. Sebagai acuan dalam melakukan penyelamatan dan normalisasi Sungai Bangko.

"Susun DED biar sesuai apa yang kita kerjakan, jangan sampai nanti salah kita malah bertambah parah kerusakannya," tutupnya.