Lingkungan

Polsek Bangko Gelar Apel Kesiapsiagaan Karhutla

ROHIL, RIAULINK COM - Dalam rangka untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) diwilayah Kecamatan Bangko dan Kecamatan Pekaitan. Polsek Bangko menggelar Apel ke siapsiagaan Karhutla yang Di Intruksikan Oleh Presiden Republik Indonesia Dan Kapolda Riau, Rabu ( 27/10/2021).

Kegiatan Apel di hadiri oleh Kapolsek Bangko KOMPOL Sasli Rais SH, Danramil 02 Bangko Kapten Tayung, Camat, Penghulu, Bhabinsa, Personil Polsek Bangko serta MPA.

Dalam Kesempatan itu, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais, SH menjelaskan, bahwa Apel yang telah dilaksanakan tersebut adalah merupakan salah satu langkah untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karlahut) diwilayah Kecamatan Bangko dan Kecamatan Pekaitan.

Selain itu juga, untuk melihat kesiapsiagaan seluruh petugas, pengecekan peralatan juga dilakukan untuk memastikan sarana  prasarana pemadam dalam kondisi baik.

"Apel kita gelar untuk melihat kesiapsiagaan petugas, alat pemadam, transportasi dan logistik, dalam apel gelaran itu saya menekankan seluruh personil untuk meningkatkan patroli, kalo ada temuan titik api saat patroli segera diinformasikan agar segera ditindaklanjuti sehingga bisa dapat teratasi, "kata kapolsek.

Adapun  Sarana dan Prasarana yang di lakukan pengecekan itu, antara lain adalah, Alat 10 unit mesin air ( lengkap dengan nozel, selang air dan selang isap ) milik Polsek Bangko, koramil 01 Bangko, MPA dan PT. Diamond, 4 unit sambunesia milik koramil 01 Bangko, 30 unit R2 milik Bhabinkamtibmas Polsek Bangko, babinsa 01 Bangk9 dan penghulu di kec. Bangko, 3 unit R4 milik Polsek Bangko, kormil 01 Bangko dan kec. Bangko.

Meskipun saat ini masih terjadi hujan, namun tidak tertutup kemungkinan titik api akan muncul apa bila dilanda panas dengan waktu yang cukup lama.

" Faktor cuaca sangat menentukan terjadinya karlahut, baru baru ini terjadi dijalan bulan hampir tiga hektar disana terbakar, tapi saat ini sudah teratasi, api sudah padam akibat diguyur hujan" terangnya.

Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH juga mengajak, dan menghimbau kepada seluruh masyarakat agar menjaga lahan masing masing, dan jangan sesekali mencoba untuk membuka lahan dengan cara membakar.