Peristiwa

Gubernur Baru di Iran Kena Tampar saat Pidato

Gambar dari tangkapan video menunjukkan momen sebelum Zeinolabedin Khorram ditampar di atas panggung.[CNN/Fars News]

RIAULINK.COM - Gubernur baru Provinsi Azerbaijan Timur, Iran, Zeinolabedin Khorram, ditampar pria tak dikenal kala berpidato di masjid Imam Khomeini, Tabriz, pada awal pekan ini.

Seorang pria tiba-tiba naik ke atas panggung saat Khorram berpidato dan menamparnya tepat di depan wajahnya.

Video yang dirilis kantor berita Fars menunjukkan sosok pria dengan setelan jas dan kemeja putih dengan tenang berjalan mendekati Khorram yang tengah berdiri di mimbar di atas panggung.

Pria itu kemudian menampar dan mendorong sang gubernur. Para penjaga keamanan segera terlihat berlari ke arah pelaku dan membuatnya turun dari panggung.

Kabarnya, insiden ini dihadiri oleh menteri dalam negeri Iran, perwakilan dari kantor Pemimpin Tertinggi Ayatollah Khamenei, dan pejabat negara lainnya, seperti dikutip CNN.

Insiden penamparan ini merupakan bentuk pelanggaran keamanan yang sangat jarang terjadi di Iran.

Kantor berita semi-resmi Tasnim mengidentifikasi pelaku sebagai Ayoub Alizadeh, salah satu anggota angkatan bersenjata Iran.

Sementara itu, Khorram mengklaim ia tidak mengenal pelaku secara pribadi.

Kepolisian segera menangkap pria itu. Khorram menuturkan saat diinterogasi polisi si pelaku mengatakan melakukan hal itu karena kesal sang istri diberikan vaksin oleh seorang pria, bukan wanita.

Hingga kini, motif sebenarnya insiden itu belum jelas.

Media lokal melaporkan insiden itu terjadi bukan karena motif politik. Anggota perwakilan Kota Maragheh, Ali Alizadeh, juga meyakini motif penamparan itu merupakan urusan pribadi dan tidak ada hubungannya dengan pengangkatan Khorram sebagai gubernur baru.