Riau

Melawan Pelecehan Seksual di Dunia Digital

KAMPAR, RIAULINK.COM - Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 

Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021, Selasa (26/10/2021).

Gubernur Provinsi Riau yaitu, Drs. H. Syamsuar, M.Si. menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar Melawan Pelecehan Seksual di Dunia Digital yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Kasus kekerasan seksual didunia Siber yang terjadi secara signifikan di masa Pandemi diakibatkan oleh peralihan aktivitas dalam jaringan baik dunia pekerjaan maupun pendidikan. Berdasarkan pelaporan yang diterima oleh Komnas Perempuan, terdapat berbagai jenis kekerasan seksusal di dunia siber seperti pelecehan seksusal, perdagangan manusia, peretasan, layanan pornografi, ancaman distribusi foto atau video pribadi untuk balas dendam, pencemaran nama baik, pemalsuan identitas serta menguntit korban. 

Berikut beberapa pelecehan seksual di media sosial seperti spamming dengan komentar tidak pantas, doxing yang menyebarkan informasi pribadi tanpa izin, pelecehan visual yang mengirim foto kurang pantas, dan penggunaan akun palsu yang merugikan banyak pihak.

Nolly Media Putra, S.Sn., M.Sn Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Muhamadiyah Riau memaparkan tentang hoaks biasanya dikemas dalam beberapa konten seperti narasi informasi atau berita yang berlebihan atau membesar-besarkan keadaan, video untuk menggambarkan secara lebih nyata tentang informasi atau berita yang disebar, foto atau gambar rekayasa yang sebenarnya tidak ada hubungan sama sekali dengan berita atau informasi yang dikabarkan. 

Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Njie Aditya Influencer dan MC yang memberikan sharing session, dalam ruang digital yang terus berkembang penggunaan nya, siapa saja bisa mengakses ruang digital dengan bebas. Oleh karena itu kita harus berhati-hati, jangan sembarangan berbagi data pribadi kita, dan berhati-hati juga terhadap orang yang baru kenal di dunia digital.