Metropolis

Pemdes Kedaburapat Laksanakan Penyeleksian 'Cakadus'

MERANTI, RIAULINK.COM - Pemerintah Desa (Pemdes) Kedaburapat, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kepulauan Meranti, melaksanakan penyeleksian calon kepala dusun (cakadus), Rabu (27/10/2021). 

Turut hadir dalam penyeleksian tersebut, pemerintah kecamatan yang di pimpin langsung oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Rangsang Pesisir, Sarullah SIp, 

Pendamping P3MD Rangsang Pesisir Rudi Hartono SE, Staf dari Kecamatan Rustam SIP, Satun Polisi Pamong Praja Kecamatan, dan Kades Kedaburapat, Mahadi SIp.

"Ada dua kepala dusun yang mengundurkan diri, jadi setelah kedua kadus itu menguundur diri, kemudian kasi pemerintahan desa menyebarkan selebaran edaran bagi warga yang mau ikut calon kadus untuk mendaftar," tutur Kades Kedaburapat, Mahadi SIp. 

Kemudian kata Mahadi, sesuai dengan tahapan seleksi tersebut diikuti oleh 5 cakadus. Dusun 7 (Parit Gantung) diikuti 3 orang calon, namun yang datang hanya 2 orang, kemudian Dusun 5 (Parit Amat) diikuti 2 orang. 

"Tadi itu tes tertulis dan tes interview, dan dari hasil tertinggi itulah nantilah yang jadi calon kadus. Yang jelas kita telah sesuai prosedur dan ketentuan yang dijembatani oleh kasi pemerintahan kecamatan. Jadi, kita surat pengunduran diri kadus yang lama itu kita tindaklanjuti ke pihak kecamatan, dan pihak kecamatan memproses langsung membentuk panitia di desa, lalu pihak desa membuat edaran untuk ikut calon kadus. Tahapan-tahapan telah kita lalui semua sehingga sampai ke tahapan akhir," jelasnya. 

Untuk itu, Mahadi berharap agar siapa pun yang akan terpilih nantinya agar dapat mengemban amanah dengan baik dan mampu menjalin hubungan bekerjasama yang baik pula agar terwujudnya pembangunan di Desa Kedaburapat kedepannya. 

"Mari kita doakan siapa pun nantinya terpilih semoga amanah, menjalankan tugasnya dengan baik, mampu bekerjasama sehingga kesejahteraan dan pembangunan di Desa Kedaburapat secara perlahan akan terselesaikan," harap ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) itu.