Metropolis

Tiga Petahana Tumbang, 5 Desa di Seberida Bakal Dipimpin Wajah Baru, Satu Diantaranya Perempuan

Ket Foto: Camat Seberida Roma Doris, S.S., MPS., M.Eng bersama Kapolaek Kompol Hendri Suparto saat melakukan pemantau Pilkades.

INHU, RIAULINK.COM - Secara umum pemilihan Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau dalam perhelatan Pilkades serentak tahun 2021, berjalan aman dan terkendali.

Pantauan RiauLink.com di lapangan, dari 6 Calon Kepala Desa (Cakades) petahana atau incumbent yang kembali berlaga dalam pilkades tersebut, tiga diantaranya dinyatakan tumbang.

Ke tiga calon petahana yang tumbang itu adalah, Desa Sibabat (Ajirin Aswar), Desa Petala Bumi (A Subani), dan Desa Payarumbai (Yusfadillah).

Ket Foto: Bersama Ketua PN Rengat Melinda Aritonang SH, Kapolres Inhu AKBP Bachtiar Alponso, Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi memantau TPS Pelaksanaan Pilkades serentak di Kecamatan Seberida.

Sementara, calon kades petahana yang kembali terpilih di Kecamatan Seberida yaitu, Joni Aris Warsito (Desa Kelesa), Sumanto (Desa Titian Resak), dan Eko Partono (Desa Bikit Meranti).

Berikut nama-nama 8 calon kepala desa terpilih di Kecamtan Seberida.

1. Desa Bukit Meranti - Eko Partono

2. Seresam - Rusba

3. Titian Resak - Sumanto

4. Sibabat - Jamini

5. Petala Bumi - Sugiono

6. Payarumbai - Muksin

7. Kelesa - Joni Aris Warsito

8. Bandar Padang - Aprisal.

Camat Seberida Roma Doris membenarkan hal itu. "Benar, berdasarkan hasil sementara dan dari laporan tim yang kita turunkan ke masing-masing desa, tiga calon petahana tersebut dinyatakan kalah," ujar Roma menjawab RiauLink.com, Rabu (27/10/2021).

Ket Foto: Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi, SE bersama Forkopimda saat melakukan peninjauan Pilkades di Kecamatan Seberida.

Sementara, tiga calon petahana yang lain yaitu Desa Titian Resak, Bukit Meranti da Kelesa, berhasil mempertahankan jabatan mereka sebagai kades, sebutnya.

Dan untuk Desa Seredam dan Desa Bandar Padang lanjut Roma, kepala desa terpilih merupakan pendatang baru, karena kepala desa sebelumnya tidak lagi maju dalam bursa Pilkades tersebut.

Roma menambahkan, pleno akhir serta penandatanganan berita acara di beberapa desa sudah dilakukan, dan diusahakan rampung ada hari ini.

"Semoga semuanya berjalan lancar, dan kepala desa yang terpilih kelak mampu menjadi pemimpin sesuai dengan pilihan hati masyarakat," tutup mantan Sekretaris Diskominfo Inhu itu. (Adv)

Penulis: Jefri Hadi