Metropolis

Pemprov Riau Resmi Launching Riauprov-CSIRT, Berikut Tujuannya

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) secara resmi telah melakukan launching Computer Security Incident Response Team Provinsi Riau (Riauprov-CSIRT), berlangsung di Pangeran Hotel Pekanbaru, Senin (25/10/21).

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Riau sekaligus ketua pelaksanaan kegiatan, Chairul Riski menyampaikan bahwa dasar kegiatan ini berdasarkan Perpres Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Selanjutnya surat Kepala BSSN nomor T.01/KA.BSSN/PP.01.07/01/2021 tentang hal penunjukan instansi pemerintah dalam program CSIRT dan Provinsi Riau terpilih sebagai salah satu dari 13 provinsi dalam program prioritas nasional pembentukan CSIRT 2021.

"Dasar kegiatan ini juga berdasarkan keputusan Gubernur Riau nomor Ktps.268/III/2021 tentang pembentukan tim tanggap insiden siber Provinsi Riau yang diketuai oleh Kadiskominfotik Riau," ucapnya.

Chairul Riski menerangkan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Riauprov-CSIRT di Lingkungan Pemprov Riau dan Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Riau serta menyosialisasikan tugas umum Riauprov-CSIRT dalam mendorong terciptanya sistem keamanan data dan informasi yang handal di lingkungan Pemprov Riau.

Ia melanjutkan, adapun tugas utama Riauprov-CSIRT adalah untuk membangun, mengkoordinasikan, mengkolaborasikan, dan mengoperasikan sistem mitigasi, manajemen krisis, penanggulangan dan pemulihan terhadap insiden keamanan siber di lingkungan Pemprov Riau.

Selanjutnya, membangun kerja sama dalam rangka penanggulangan dan pemulihan terhadap insiden keamanan siber di lingkungan Pemprov Riau.

Serta mengelola permasalahan dan membangun skema lingkungan untuk mengurangi kerusakan atau kerugian insiden keamanan informasi pada konstituen, dan membangun kapasitas sumber daya penanggulangan dan pemulihan insiden keamanan siber di lingkungan Pemprov Riau.

"Seluruh informasi terkait profil dan layanan Riauprov-CSIRT dapat diakses melalui website https://csirt.riau.go.id," ujarnya.

Berikutnya, launching Riauprov-CSIRT ini ditandai dengan penyerahan surat tanda registrasi CSIRT oleh BSSN kepada pemerintah Provinsi Riau dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama pemanfaatan sertifikat elektronik antara Balai Sertifikat Elektronik BSSN dengan Pemprov Riau.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala BSSN, Kepala BSSN Letnan Jenderal TNI (purn) Hinsa Siburian, Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, Ketua DPRD Riau, Yulisman, Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah dan Pembangunan Manusia BSSN, Akhmad Toha, Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah BSSN, Hasto Prastowo, Staf Khusus BSSN, Supirman, beserta staf BSSN lainnya.

Selanjutnya juga turut hadir Kepala OPD di lingkungan Pemprov Riau, Pemerintah Kabupaten/Kota se Riau se Riau, serta Kadiskominfotik se Indonesia yang hadir secara virtual dan tamu undangan lainnya.