Metropolis

Dakwah Agama di Dunia Maya

BATAM, RIAULINK.COM - Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi,  Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Walikota Batam yaitu, H. Muhammad Rudi menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar DAKWAH AGAMA DI DUNIA MAYA yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Dr. Suyono, M. AgKetua Umum PersatuanMuballigh Kota Batam menjelaskan peluang dakwah di era digital, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama bidan informasi dan komunikasi sangat cepat bahkan di luar prediksi manusia pada umumnya. Masih ingat di tahun 1990-an, wartel begitu menjamur di setiap lorong kampung terutama di perkotaan.

Tetapi di tahun 2004 bisnis wartel gulung tikar seiring massif-nya hand phone. Loncatan TIK ini semakin cepat seiring munculnya FB, bahkan kini WA, IG, dan media sosial lainnnya. Kemajuan TIK ini satu sisi membuka peluang dakwah semakin mudah dan mampu menembus ruangan yang tidak ada lagi sekat-sekat wilayah negara.

Al Hilal, S.Pd.I Alumni Pendidikan Tinggi Kader Ulama MUI Provinsi Sumatera Utara Angkatan XVI memaparkan tentang dakwah dan budaya literasi digital melalui media sosial kecenderungan manusia menjadi konsumen atau produsen konten media sosial dapat menjadikan media sosial menjadi ladang dakwah. Sedangkan di website atau blog salah satu media digital yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan dakwah. Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Njie Aditya sebagai Influencer dan MC yang memberikan sharing session, sebagus apapun dakwah yang kita lakukan. Semodern apapun metode yang kita gunakan. Namun jika tidak dilandasi dengan niat yang baik, semuanya akan menjadi sia-sia.