Metropolis

Keterampilan Digital yang Wajib Dikuasai

RIAULINK.COM - Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL, Sabtu (23/10/2021)

Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Riau yaitu, Drs. H. Syamsuar, M.Si dan Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang KETERAMPILAN DIGITAL YANG WAJIB DIKUASAI oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Skil yang dibutuhkan di era digital antara lain, berkomunikasi secara professional lewat social media. Pada penerapannya, sosial media memang banyak digunakan untuk beberapa hal yang penting, mulai dari pekerjaan, dan lain-lain. Terlebih lagi, hampir semua profesi yang akan kamu jalani nantinya akan berhubungan dengan social media. Yang berikutnya mampu mengoperasikan gadget dan laptop dengan baik.

Metode mengoperassikan gadget dan laptop memang menjadi hal yang penting agar pekerjaan atau task bisa dilakukan lebih cepat. Selain itu, kemampuan marketing dan promosi yang perlu dilakukan lewat internet. Sekarang, promosi sudah tidak dilakukan lewat poster, baliho, dan cara-cara tradisional lainnya. Selanjutnya adalah melakukan promosi lewat video. Membuat video sangatlah mudah sekarang. Tinggal bagaimana mengemasnya menjadi video promosi yang sangat bagus dan juga luar biasa di dalamnya.

Tidak hanya itu, kita juga perlu menguasai market place. Zaman sekarang sudah banyak bermunculan market place, seperti tokopedia, lazada, shopee, blibli, zalora, dan masih banyak lagi. Tips jualan online antara lain, tentukan produk unggulan, tampilkan foto terbaik, optimalisasi media sosial, responsif, dan bertanggungjawab, menurut  Joddy  Caprinata sebagai Founder & COO of Bicara Project.

Misnarti, S.Pd sebagai Kepala SMAN 1 Kerumutan menuturkan, literasi digital itu penting karena membuat kita sebagai pengguna media digital menjadi lebih kritis, kreatif, inovatif, memecahkan masalah serta berkolaborasi dengan orang banyak.Salah satu dampak akibat kemajuan teknologi yang berdampak positif dibidang sosial dan budaya yaitu meningkatnya sektor ekonomi. Key Opinion Leader oleh Febby Bernadette sebagai Guru mengatakan, kita harus mengembangkan diri dalam pengetahuan atau pun keterampilan. Hal ini dibutuhkan agar kita dapat bersaing dengan orang-orang di luar sana yang memiliki kemampuan hebat. Belajar dari internet menjadi salah satu pembelajaran yang sangat mudah dan praktis.