Pendidikan

Evaluasi PTM, Komisi V DPRD Riau Undang Disdik dan Kepala Sekolah

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Kafilah Provinsi Riau berhasil meraih peringkat 5 besar dari 34 provinsi yang berlomba pada ajang Seleksi Tilawatil Quran Nasional XXVI 2021 yang digelar di Sofifi, Maluku Utara pada 16-22 Oktober 2021.

Masuknya Kafilah Riau sebagai provinsi 5 besar pada ajang STQ Nasional XXVI 2021 diumumkan langsung oleh Ketua Dewan Hakim Said Agil Husin Almunawar di Sofifi, Jumat malam.

Tampil sebagai juara umum DKI Jakarta, rangking 2 Jawa Timur, rangking 3 Sumatera Utara, rangking 4 Banten, rangking 5 Riau dan Bangka Belitung, rangking 6 Jawa Tengah, rangking 7 Kepulauan Riau, rangking 8 Jawa Barat, rangking 9 Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Selatan serta rangking 10 Sumbar dan Papua.

Pada ajang STQ Nasional tersebut peserta atas nama Bayu Wibisono Damanik memperoleh juara 2 kategori Hifz Al-Quran 20 Juz dengan nilai 96.58, Bintang Fadhilla Putra Utama juara 2 kategori Hifz Al-Quran 30 Juz, dengan nilai 96.66, Siti Nuryani juara 2 cabang 100 Hadis + sanad dengan nilai 98.48.

Selanjutnya Abrar Sadad memperoleh juara 3 cabang 500 Hadis tanpa sanad dengan nilai 91.50, Qifma Wardatul Jannah juga juara 3 cabang 500 Hadis tanpa sanad  dengan nilai 91.66 serta Aljuanda memperoleh harapan dua.

Kepala Biro Kesra Provinsi Riau Zulkifli Syukur yang juga ketua Kafilah Provinsi Riau bersyukur atas pencapaian ini dan ke depan bertekad untuk lebih fokus melakukan pembinaan dan regenerasi pada qori dan qoriah di Riau.

"Semoga ke depan di ajang nasional Riau bisa lebih baik lagi dan pencapaian hari ini merupakan sesuatu yang harus disyukuri atas semua perjuangan yang telah dilakukan," kata Zulkifli Syukur, Sabtu (23/10/2021).

Kepala Bagian Bina Mental Biro Kesra Setdaprov Riau, yang juga Pejabat Pelaksana Teknisi kegiatan Kafilah Riau pada STQ dan Musabaqah Provinsi Riau, Ketua Sofwan Muhajir menyebutkan Kafilah Riau untuk STQH 2021 terdiri atas 20 peserta.

Diantaranya terdiri dari cabang golongan hadis sebanyak empat orang, cabang golongan tahfidz 10 orang, cabang golongan tilawah empat orang, dan cabang golongan tafsir dua orang.