Metropolis

Memahami Pentingnya Data Pribadi

INHIL, RIAULINK.COM - Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL, Sabtu (23/10/2021)

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Riau yaitu Drs. H. Syamsuar, M.Si., yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang MEMAHAMI PENTINGNYA DATA PRIBADI oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Melindungi data pribadi menjadi hal terpenting di era digital karena data merupakan aset yang sangat berharga setiap individu. Menurut Winarsih, sebagai Social Activation, menjelaskan keamanan siber menjadi bekal utama dari semua platform media sosial untuk mencegah serangan penipuan dan peretasan data pribadi. Pelindungan data pribadi merupakan perlindungan kepentingan konsumen sekaligus memberikan manfaat ekonomi bagi Industri Indonesia, khususnya di sector telekomunikasi pada era digital ekonomi saat ini.

Terdapat empat alasan data pribadi perlu dilindungi yakni intimidasi online, mencegah penyalah gunaan data pribadi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, menghindari potensi pencemaran nama baik, dan hak kendali atas data pribadi. Tersedianya pelindungan data pribadi mendorong dan memperkuat posisi telekomunikasi di Indonesia sebagai industri yang terpercaya, serta merupakan suatu strategi kunci dalam pembangunan ekonomi nasional Indonesia. Kita perlu lebih hati-hati mengunggah data pribadi di platform digital karena keamanan data pribadi tidak selalu terjamin.

Tips menjaga privasi data pribadi di antaranya membatasi waktu penggunaan media sosial, menggunakan password yang kuat dan mengubah secara berkala, menggunakan software original untuk mencegah malware, perbarui pembaharuan aplikasi yang digunakan, dan paham pengunaan fitur find my handphone. Tak hanya itu, memahami konsep literasi pada prinsipnya literasi digital menekan kepada kecakapan pengguna media sosial seperti saring sebelum sharing juga perlu. Bahkan menjaga privasi orang lain jauhi yang membuat partner atau orang lain menjadi korban yang merugikan bagi mereka. Ditambah untuk pahami dan pastikan pengaturan privasi di setiap akun platform digital yang dimiliki sesuai dengan tingkat keamanan yang dibutuhkan.