Olahraga

Pedoman PPKM Level 2 Sektor Olahraga, Pemain dan Kru Wajib Kantongi PCR dan Sertifikat Vaksin

Keterangan foto : Wali Kota Dumai Paisal buka pertandingan tenis pada Kejurkot Dumai 2021

DUMAI, RIAULINK.COM - Status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Kota Dumai masih di level dua. Karena sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 54 tahun 2021, kriteria PPKM level dua jika menurun, total warga yang sudah divaksinasi harus 70 persen, sementara Kota Dumai baru mencapai 62 persen sedangkan  untuk para lansia belum mencapai 30 persen sudah divaksin.

Dengan begitu kedua kalinya PPKM level dua diperpanjang dari 19 Oktober 2021 sampai 8 November 2021. Sebelumnya level dua mulai berlaku dari 4 Oktober 2021 sampai 18 Oktober 2021.

Wali Kota Dumai pun mengeluarkan surat edaran nomor 11 tahun 2021  tentang Pedoman PPKM bagi S
sektor pendidikan, pelaku usaha dan kegiatan masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Dumai Amrizal Anara, Kamis (21/10/2021).

"Surat edaran pedoman PPKM level dua itu sudah mulai berlaku sejak status PPKM ditetapkan,"kata Amrizal Anara.

Tujuannya, untuk mengendalikan penyebaran Covid-19, serta untuk mencegah dan memutuskan rantai penularan Virus Corona di Kota Dumai.

Edaran tersebut sudah disebarkan dan disosialisasikan kepada masyarakat khususnya pada instansi pendidikan, pelaku usaha dan sektor lainnya.

Adapun isi edaran tersebut, di antaranya, sektor pendidikan, untuk wilayah zona hijau dan zona kuning diperbolehkan melaksanakan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan pengaturan teknis dari  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Untuk wilayah yang berada dalam zona oranye, melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dapat dilakukan melalui pembelajaran tatap muka terbatas atau pembelajaran jarak jauh berdasarkan keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri.

Sektor perdagangan dan pasar diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat, memakai masker, mencuci tangan, handsanitizer, dan mengatur jarak dengan jam operasional maksimal sampai pukul 24.00 WIB.

Sektor jasa hiburan, wisata dan area publik dibuka dengan protokol kesehatan yang ketat. 

"Bagi pengunjung dan pelaku usaha diutamakan memiliki sertifikat vaksin minimal dosis pertama,"sebut dia.

Khusus pada kegiatan keolahragaan yang saat ini tengah digelar Kejuaraan Kota (Kejurkot) Dumai 2021 oleh  Pemerintah Kota Dumai, dengan ketentuan sebagai pencapaian vaksin dosis pertama paling sedikit 60 persen.

Seluruh pemain, official, kru media, dan staf pendukung wajib menggunakan aplikasi peduli lindungi untuk melakukan skrining terhadap orang yang keluar masuk pada tempat pelaksanaan kompetisi dan latihan.

"Termasuk pemain, official, kru media dan staf pendukung yang hadir wajib memperoleh vaksinasi dosis kedua, kemudian hasil negatif PCR H-1, terakhir hasil antigen negatif saat pertandingan,"terang dia menjelaskan.

"Sehingga, masyarakat dapat mempedomani surat edaran dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari di masa pandemi Covid-19,"ucapnya.

Diakuinya, angka kasus positif Covid-19 di Dumai sudah melandai, dan terjadi penurunan yang cukup signifikan. Namun, ia mengajak masyarakat agar tetap jalankan Prokes. 

"Gunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,"pesannya mengakhiri.(kll)