Metropolis

Lebih 60 Persen Kota Dumai Menuju Herd Immunity

Keterangan foto : Kapolda Riau, Brigjen Pol Agung Setia Imam Effendi didampingi Kapolres Dumai AKBP dan Wali Kota Dumai Paisal saat meluncurkan aplikasi BSR dan meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Kota Dumai

DUMAI, RIAULINK.COM - Salah satu cara pemerintah menekan angka penyebaran Covid-19, dengan melaksanakan vaksinasi massal bagi masyarakat.

Pasalnya vaksinasi dapat menciptakan herd immunity. Herd immunity atau kekebalan kelompok merupakan bentuk perlindungan tidak langsung dari penyakit menular yang terjadi ketika sebagian besar populasi menjadi kebal terhadap infeksi, baik melalui infeksi sebelumnya, sehingga individu yang tidak kebal ikut terlindungi. 

Untuk Kota Dumai sendiri, herd immunity yang harus tercapai tersebut sebanyak 70 persen dari jumlah populasi atau sekitar 210 ribu jiwa hingga akhir 2021.

Ternyata angka tersebut hampir mendekati dari target yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Riau. Hingga 18 Oktober 2021 lalu, sekitar 62 persen  masyarakat Dumai sudah divaksin. 

"Berarti tinggal sedikit lagi atau sekitar 8 persen lagi target yang dicapai,"ungkap Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setia Imam Effendi kepada wartawan saat kunjungannya ke Dumai sekaligus meluncurkan aplikasi Bersama Selamatkan Riau (BSR) untuk menangani Covid-19.

Target yang dilakukan tersebut berkat kerjasama Pemerintah Kota Dumai bersama TNI dan Polri yang gencar menggelar vaksinasi massal Covid-19 termasuk bagi pelajar di kelompok usia 12 sampai 17 tahun.

"Kami berharap seluruh instansi terkait bekerja sama menyukseskan kegiatan vaksinasi agar tercapai herd immunity sehingga masyarakat terlindungi dari Covid-19,"pesan Kapolda Riau singkat.

Senada disampaikan Wali Kota Dumai Paisal. Dirinya tak henti-hentinya mengajak warga Dumai untuk menyukseskan kegiatan vaksinasi massal.

Dikatakan dia, kegiatan vaksinasi massal melibatkan tim vaksinator dari seluruh fasilitas kesehatan (Faskes) di Kota Dumai dibantu tim vaksinator Polri dan TNI.

"Targetnya sebanyak mungkin, masyarakat yang datang siap kita layani, vaksin dosis pertama maupun vaksin dosis kedua. Vaksin yang kita siapkan ada dua jenis Sinovac dan Moderna,"terangnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, dr Syaiful mengungkapkan kepada wartawan hingga Kamis (21/10/2021) melalui sambungan telepon selulernya, hingga Selasa, 19 Oktober 2021 lalu, penerima vaksin sebanyak 244.117 orang, dengan rincian, dosis pertama sebanyak 140.686 orang, dosis kedua 102.231 orang dan dosis ketiga khusus nakes sebanyak 1.200 orang.

"Jika dipresentasikan, maka capaian vaksinasi Covid-19 di Dumai sudah lebih dari 62 persen dan hampir mencapai angka 70 persen. Dan sedikit lagi kita akan mencapai herd immunity,"tutup dia.