Metropolis

Hadiri Ekspo Apkasi 2021, Wabup Meranti : Sagu Harus Dikenali Diluar Negeri

JAKARTA, RIAULINK.COM - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H. Asmar turut menghadiri Apkasi Otonomi Expo 2021 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (20/10/2021).

Dalam expo yang menampilkan berbagai produk khas kabupaten/kota seluruh Indonesia itu, Wabup Asmar berharap produk-produk sagu Kepulauan Meranti bisa dikenal luas oleh masyarakat.

"Semoga apa yang kita tampilkan dalam pameran ini bisa menjadikan produk sagu Meranti lebih menusantara. Dikenal luas bukan hanya di Indonesia, kalau bisa hingga ke luar negeri," harapnya.

Menurut Asmar, berbagai produk makanan berbahan dasar sagu dari Kepulauan Meranti tersebut, secara kesehatan aman untuk dikonsumsi. 

"Jadi tidak perlu takut, produk sagu ini bukan saja aman bagi mereka yang memiliki penyakit gula, tapi juga bisa menjadi obat untuk berbagai penyakit lainnya. Seperti maag dan jantung," sebut Asmar.

Lebih jauh diterangkannya, pameran yang dilaksanakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ini menjadi kesempatan untuk mengenalkan produk khas masing-masing daerah. Termasuk Kepulauan Meranti dengan sagunya.

"Ini kesempatan kita, daerah bangkit indonesia maju," tegasnya.

Plt. Kepala Dinas Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Kepulauan Meranti, Syahril, S.E, M.Sc yang turut hadir menjelaskan berbagai produk yang ditampilkan dalam Apkasi Expo 2021 tersebut, bukan hanya produk sagu tapi juga kopi liberika dan kopi luwak liberika Meranti.

"Kita bawa pengusahanya ke JCC ini, agar para pengunjung stand bisa melihat dan mendapat penjelasan langsung dari pelaku UMKM yang bergerak di produk sagu ini," ujarnya.

Turut juga mendampingi Wabup Asmar, Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu, Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Kepulauan Meranti, Ismiatun, S.E.

Dalam kegiatan ini juga ditampilkan data-data komoditas dan peluang investasi berbagai kabupaten/kota di Indonesia. Dari pantauan ada puluhan stand yang tersedia dan ribuan pengunjung datang silih berganti dengan penerapan protokol kesehatan yang cukup ketat dari panitia pelaksana ekspo.