Pendidikan

Lomba Litbang, SMK Negeri 3 Bengkalis Raih Juara 1

Teks foto: Bupati Bengkalis, Kasmarni, didampingi Wabup dan Sekda, ketika menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba Litbang, Selasa, 19 Oktober 2021.

BENGKALIS, RIAULINK.COM - Pemerintah Kabupaten Bengkalis, melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), melakukan lomba penelitian dan pengembangan untuk Sekolah Menengah Atas/Sederajat se-Kabupaten Bengkalis, sejak April hingga Oktober 2021.

Dari 19 SMA/sederajat yang mengajukan judul penelitian, oleh dewan juri hanya meloloskan 6 perwakilan sekolah untuk melakukan kajian. Setelah itu menjadi 3 sekolah yang berhasil lolos masuk ke babak final untuk memaparkan penelitian dan pengembangan, yakni SMK Negeri 3 Bengkalis, SMA Negeri 1 Rupat dan SMK Negeri 1 Rupat Utara.

Setelah dinilai secara baik, maka ditetapkan SMK Negeri 3 Bengkalis sebagai juara 1 dengan penelitian dan pengembangan Rancang Bangun Alat Pengupas Kulit Udang Kering. Juara 2 diraih SMA Negeri 1 Rupat Utara dengan penelitian dan pengembangan Aplikasi Penyediaan Informasi dengan Mengoptimalkan Destinasi Wisata Pulau Rupat untuk Perkembangan Ekonomi dimasa Pandemi. Juara 3 adalah SMK Negeri 1 Rupat, tentang Pemanfaatan Media Organik untuk Penanaman Selada.

Bupati Bengkalis, Kasmarni, yang menyerahkan langsung penganugrahan kepada Pemenang di Halaman Kantor Balitbang Bengkalis, mengucapkan selamat dan tahniah, Selasa, 19 Oktober 2021.

“Semoga hasil karya ini bisa disebar luaskan, sebagai upaya percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat, terlebih di situasi pandemi saat ini. Kami sangat mendorong adanya kreatifitas dan inovasi dari generasi muda,” ujar Kasmarni.

Kepada sekolah yang mungkin belum berhasil, kiranya tidak patah semangat untuk terus melakukan penelitian yang dilakukan siswa-siswi agar ada ide baru yang muncul sehingga dapat berdampak positif dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

“Hari ini generasi muda harus terus diberikan bimbingan untuk berinovasi mengikuti perkembangan zaman. Jangan malah larut ke hal yang negatif pada zaman ini. Harus berani berinisiatif membuat sebuah karya yang baik,” tuturnya.

Adapun peraih juara 1 mendapatkan plakat dan uang tunai sebesar Rp12.000.000. Sedangkan juara 2, Rp10.000.000, dan juara 3 mendapatkan hadiah sebesar Rp8.000.000.

Usai menyerahkan hadiah, Bupati Bengkalis, Kasmarni bersama Wakil Bupati Bengkalis, H Bagus Santoso, Sekda H Bustami HY, Kapolres Bengkalis, AKBP Hendra Gunawan, Kajari, Dandim, Kepala Balitbang, Fadlan Fuad Daulay, serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah, melakukan peninjauan langsung hasil karya Litbang yang mendapatkan juara.