Riau

COVID-19 Melandai, Gubernur Riau Imbau Warga Tetap Masker

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Kasus penambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Riau, semakin menurun drastis. Bahkan untuk hari Senin (18/10), kasus terkonfirmasi positif di Riau hanya bertambah 6 kasus, total pasien terkonfirmasi 127.891 kasus. 

Untuk pasien sembuh bertambah 28 orang, total tercatat 123.547 orang dengan persentase mencapai 96,6 persen. Lalu, pasien yang meninggal dunia bertambah 1 orang, sehingga totalnya sebanyak 4.097 pasien meninggal akibat COVID-19. 

Dari data kasus terkonfirmasi positif tersebut, terdapat di Kabupaten Inhil 2 orang, Pekanbaru 1 orang, Bengkalis 1 orang, Rokan Hilir 1 orang, dan dari luar Pekanbaru 1 orang. 

Gubernur Riau, Syamsuar, mengatakan, walaupun kasus positif di Riau sudah berkurang, masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Dengan tetap memakai masker, selalu mencuci tangan dan menghindari kerumunan. Karena sampai saat ini belum ada himbauan pemerintah untuk melepas masker. 

“Orang sudah tau corona sudah turun, kita tunggu pemerintah kapan dibuka masker. Sementara ini kita pakai masker dulu,” ujar Gubri, saat berada di Desa Selensen, Kabupaten Inhil, menyaksikan vaksinasi bagi suku Anak Suku Dalam, Senin (18/10). 

Dijelaskam Gubri, penurunan kasus COVID-19 di Riau, diikuti dengan semakin meningkatnya vaksinasi. Untuk itu ia menghimbau kepada masyarakat Komunitas Adat Terpencil warga Anak Suku Dalam agar bisa segera mengikuti program vaksinasi untuk meningkatkan herd immunity. 

“Jadi ini untuk meningkatkan imun, jadi kalau kena demam dan terserang corona tidak berat, vaksin ini untuk masyarakat sehat. Anak-anak juga 12 tahun keatas divaksin, orangtua divaksin, insya allah tak ada masalah jadi vaksin dua kali setelah vaksin hari ini, lebih kurang 14 hari vaksin lagi,” kata Gubri.