Metropolis

362 Peserta SKD CPNS Pemprov Riau Gugur

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Selama pelaksanaan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, telah mencatat sebanyak 362 peserta tidak hadir, dan dinyatakan gugur mengikuti CPNS Pemprov Riau. 

Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan, mengatakan, dalam pelaksanaan ujian SKD dari tanggal 5 hingga 17 Oktober ini berjalan aman dan lancar tanpa ada gangguan. Namun, bagi peserta yang tidak hadir mengikuti ujian SKD dinyatakan mengundurkan diri. 

“Dalam pelaksanaan ujian SKD tercatat sebanyak 362 peserta tidak hadir, dan mereka dianggap mengundurkan diri karena tidak ada informasi. Setiap harinya ada saja peserta yang tidak hadir banyak. Dari catatan kami dari tanggal 5 hingga 17 Oktober sudah 362 peserta yang tidak hadir,” ujar Ikhwan, Senin (18/10).

Dijelaskan Ikhwan, pelaksanaan ujian SKD CPNS Pemprov Riau akan dilaksanakan selama 15 hari, mulai 5-19 Oktober, dan akan berakhir besok, Selasa (19/10). 

Untuk teknis pelaksanaan ujian dalam setiap harinya dibagi empat. Masing-masing sesi ada 50 peserta, pelaksanaan ujian SKD dengan menggunakan sistem CAT. Nilai yang dihasilkan oleh peserta bisa dilihat langsung. Sesuai dengan penilaian dari tiga kategori ujian SKD melalui CAT. Hasil nilai tidak bisa dirubah-rubah dan tidak sama untuk semua peserta. 

“Seperti biasa peserta bisa melihat langsung hasil tes SKD dengan menggunakan CAT, dilayar monitor. Nilainya langsung dan ada tiga kategori yang harus dijalani oleh seluruh peserta. Tes SKD meliputi tes karakter pribadi (TKP), tes wawasan kebangsaan (TWK), dan tes intelegensi umum (TIU),” kata Ikhwan.

Bagi peserta yang telah menjalani ujian SKD bisa langsung tau lulus atau tidaknya. Sesuai dengan ketentuan lulus passing grade peserta telah ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Bobot peserta yang dinyatakan lulus adalah, untuk nilai TWK 60, nilai TIU 80 dan nilai TKP 166.

“Untuk passing grade seluruh peserta harus bisa memenuhi nilai yang telah ditetapkan. Selanjutnya baru dilakukan perengkingan, sesuai dengan jumlah kuota penerimaan CPNS dilingkungan Pemprov Riau. Setelah selesai tes SKD dilanjutkan dengan pengumuman nanti diberitahukan hasilnya. Lalu, untuk  seleksi Kompetensi Bidang (SKB) peserta yang dinyatakan lulus SKD,” kata Ikhwan.

Untuk diketahui dari hasil pemeriksaan administrasi yang dinyatakan memenuhi syarat 5.003 pelamar. Sedangkan untuk P3K, sebanyak 329 pelamar tidak memenuhi syarat. Selanjutnya, pada masa sanggah juga telah ditetapkan memenuhi syarat, sebanyak, 935 pelamar yang memasukkan sanggahan, diantaranya tenaga kesehatan 458 dan teknis 476 pelamar.

Sementara itu, untuk formasi CPNS Riau mendapatkan formasi sebanyak 455 diantarnya, CPNS sebanyak 123 orang dengan rincian bidang kesehatan 89 orang dan teknis 34 orang. PPPK non guru 110 formasi dengan rincian, kesehatan 89 orang dan teknis 21. Kemudian untuk formasi PPPK guru sebanyak 222 orang.