Metropolis

Kesiapan Masyarakat dalam Menghadapi Transformasi Digital

RIAULINK.COM - Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker Gubernur Riau yaitu, Drs. H. Syamsuar, M.Si dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang KESIAPAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI TRANSFORMASI DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Transformasi digital telah memberi dampak pada interaksi sosial, apalagi semenjak pandemi segala sesuatunya dikerjakan dari rumah. Namun di satu sisi setiap individu tetap harus memiliki hubungan karena manusia merupakan makhluk sosial.Sehingga meski di rumah, tetap ada interaksi tapi polanya memang berbeda. Dari sikap yang ditunjukkan saat berinteraksi tatap muka pun sebanyak 5% menunjukan personaliti seseorang, sisahnya 95% yaitu karakter dan tempramen tidak begitu ditunjukan. Terkait dengan transformasi digital hal ini berkaitan saat individu berinteraksi sosial melalui media sosial. Setiap orang pun akhirnya harus menyadari di balik media sosial sebenarnya yang dihadapi tetaplah manusia.

Banyak manfaat yang diberikan internet untuk kita dalam penggunaan internet sehari-hari, tanpa kita sadari manfaat yang diberikan juga dihantui oleh dampak buruk yang diberikan oleh internet.Hacking tindakan menemukan titik entri yang mungkin ada dalam sistem komputer atau jaringan komputer dan hingga berhasil mengambil alih, menurut Dr. Daniel Susilo, S.I.Kom., M.I.Kom sebagai Dosen Universitas Multimedia Nusantara.

Transformasi digital dapat kita artikan sebagai perubahan yang melibatkan teknologi digital dalam prosesnya, menurut Kamaludin, S.Pd., M.Si sebagai Guru SMPN 1 Tembilahan. Key Opinion Leader oleh Rio Hijau Daun sebagai Professional Drummer menambahkan dahulu orang-orang hanya menggunakan handphone untuk sms dan telepon saja. Sekarang sudah dipermudah, dengan menggunakan satu handphone bisa menjangkau luar pulau atau luar negeri hanya dengan video call saja sudah bisa berinteraksi dengan tatap muka.