Ekonomi

Harga Sawit Naik, Harga Komuditas Lain Stagnan

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Selain kelapa sawit, Provinsi Riau juga memiliki sejumlah komoditi perkebunan andalan lainnya. Sebut saja seperti kelapa butiran, tepung sagu, pinang serta kopra dan juga bahan olahah karet rakyat (Bokar).

Namun berbeda dengan sawit yang pekan ini mengalami kenaikan harga tertinggi, untuk harga seluruh komoditi tersebut justri stabil atau masih stagnan jika dibandingkan dengan minggu lalu.

Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau Defris Hatmaja mengatakan untuk minggu ini harga komoditi perkebunan di Provinsi Riau tidak ada mengalami kenaikan harga atau stagnan.

Seperti untuk harga kelapa butiran di Kabupaten Kuansing, Kampar dan Kepulauan Meranti untuk periode minggu ini sebesar Rp. 3.567,-/kg, tidak mengalami penurunan dan kenaikan harga dari harga  minggu lalu atau harga tetap.

"Kemudian untuk harga kopra mutu kering (100%) di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti sebesar Rp. 6.250,-/kg tidak mengalami penurunan dan kenaikan harga dari harga minggu lalu atau harga masih tetap," ujar Defris, Jumat (15/10/2021).

Selanjutnya untuk harga tepung sagu basah sebesar Rp.3.067,-/kg di Kabupaten Siak, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti tidak mengalami penurunan harga dari harga minggu lalu atau harga minggu ini masih sama dengan harga minggu lalu.

"Dan untuk pinang kering (100%) di Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti sebesar Rp. 16.870-/kg tidak mengalami penurunan dan kenaikan harga dari minggu lalu atau harga masih tetap," pungkasnya.