Metropolis

DPRD Rohil Bersama Pemda Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Usulan Ranperda Peraturan Daerah Inisiatif

ROHIL, RIAULINK.COM - Badan Pembentukan Peraturan Daerah ( BAPEMPERDA) DPRD Rohil bersama Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian usulan Rancangan peraturan daerah Inisiatif DPRD tentang HYMNE dan MARS Rohil, Rapat dilaksanakan di Ruang Rapat Utama Gedung DPRD Rohil, Jalan Lintas Pesisir Sungai Rokan, Selasa (12/10/2021).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Ketua l DPRD Rohil Abdullah, yang didampingi oleh Ketua DPRD Rohil Maston, Wakil Ketua lll Hamzah, di hadiri juga oleh Sekretaris DPRD Rohil Sharman Syahroni, serta Anggota DPRD Rohil. Sementara itu, dari Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir sendiri dihadiri oleh Sekretaris daerah Rohil HM Job Kurniawan Ap MSi, Para Asisten, serta dihadiri oleh Kepala OPD dilingkungan pemerintah daerah Kabupaten Rokan hilir.

Pidato penjelasan Bapemperda DPRD Rohil terhadap pengajuan Rancangan peraturan daerah Hak Inisiatif DPRD tentang HYMNE dan MARS Rokan Hilir  dibacakan oleh Darwis Syam

Dalam paparannya Menjelaskan bahwa, Rancangan Peraturan Daerah tentang Himne dan Mars Kabupaten Rokan Hilir ini sesungguhnya telah diinisiasi oleh Anggota DPRD Kabupaten Rokan Hilir Periode 2014-2019 yang lalu. Namun karena satu dan lain hal, Rancangan Perda ini tidak dilanjutkan ke tahapan pembahasan dan pengesahan sampai periode DPRD 2014-2019 berakhir. 

"Oleh karena itu, kami di Badan Pembentukan Perda DPRD Kabupaten Rokan Hilir Periode 2019-2024 sekarang, mengambil inisiatif untuk meneruskan proses pembentukan Peraturan Daerah ini ke tahapan pembentukan Ranperda selanjutnya. Materi Ranperda Himne dan Mars Rokan Hilir ini telah disertai Naskah Akademik yang disusun oleh sekretariat DPRD bekerjasama dengan Pusat Kajian Dan Pengembangan Produk Hukum Daerah Universitas Islam Riau (PKP-PHD UIR), penyusunan Naskah Akademik Ranperda ini diselesaikan pada bulan Desember 2015," Jelasnya.

Naskah akademik Ranperda ini telah disesuaikan dengan ketentuan terbaru dan sudah dibahas di internal Badan Pembentukan Perda bersama dengan tim ahli dari Pusat Kajian dan Pengembangan Produk Hukum Daerah Universitas Islam Riau tersebut, baik melalui diskusi informal maupun rapat resmi. Rapat dan ekspos dengan tim Ahli tersebut telah dilaksanakan di Ruang Seminar, Gedung B, Fakultas Hukum UIR, pada Hari Jum’at tanggal 17 September 2021.

Sesuai dengan tahapan pembentukan Perda inisiatif DPRD yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 120 tahun 2018 tentang Perubahan atas Permendagri No. 80  tahun 2015 tentang Produk Hukum Daerah, maka kami atas nama Badan Pembentukan Perda (Bapemperda) dengan segala kerendahan hati dan semangat kebersamaan mengusulkan rancangan perda tentang Himne dan Mars Rokan Hilir dalam  rapat paripurna ini. 

Rancangan Peraturan Daerah tentang Himne dan Mars ini secara yuridis formal telah memenuhi semua persyaratan, baik dari asfek filosofis, sosiologis maupun dasar hukumnya, sebagaimana tertuang dalam Naskah Akademik. dan Secara substantif Rancangan Perda ini terdiri dari 7 bab, 15 Pasal.

Semoga Ranperda ini bisa melewati tahapan selanjutnya tanpa kendala berarti, sehingga dapat menjadi BINGKISAN KECIL untuk hari jadi Kabupaten Rokan Hilir yang ke-22.

Lahirnya Bapemperda Hymne dan Mars Akan Menjadi Peraturan Hukum Tetap Kabupaten Rohil

 Wakil Ketua III DPRD Rohil Hamzah,S,Hi mengatakan bahwa dengan lahirnya Bapemperda DPRD Rohil tersebut, maka peraturan daerah terhadap Hymne dan Mars Rokan Hilir akan menjadi sebuah peraturan hukum tetap. Hal tersebut disampaikannya Usai melaksanakan Rapat Paripurna DPRD Rohil, Selasa (12/10/2021).

"Alhamdulillah usulan dari Bapemperda yang selama ini yang dinantikan oleh masyarakat Rohil secara umum, hari ini sudah masuk kedalam usulan Bapemperda untuk dijadikan Ranperda," Ucap Wakil Ketua lll DPRD Rohil Hamzah.

Dengan lahirnya Bapemperda ini, maka peraturan daerah terhadap Hymne dan Mars Rokan hilir menjadi sebuah peraturan hukum tetap kabupaten Rokan hilir, dan terkait apa yang selama ini belum dilakukan secara hukum ini, saya kira selagi tidak ada persoalan ditingkat masyarakat kita dan juga pemerintah daerah, saya kira tidak ada masaalah.

"Mudah mudahan Setelah ini kita paripurnakan Ranperda nya,maka akan menjadi kekuatan hukum tetap bagi pemerintah kabupaten Rokan Hilir, dan setelah ini selesai, DPRD dan  pemerintah akan mensosialisasikan kepada seluruh instansi di Pemerintahan Rohil, baik OPD maupun Tingkat sekolah," Ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris daerah Rohil HM Job Kurniawan Ap MSi, menyampaikan ucapan terimakasih kepada DPRD Rohil, " Kami berterimakasih kepada DPRD. memang ini niat lama dari tahun 2014 untuk menaikkan ini menjadi perda, jadi ada kewajiban untuk kita warga Rokan Hilir menyampaikan di setiap acara kita.dan kami menyambut baik, karena menjadi hak inisiatif DPRD," Sebutnya.

"Dan Mudah mudahan ini disetujui oleh semuanya, kami dari pemerintah akan mendukung , kita akan sama-sama membahasnya, dan melaksanakan sosialisasi kemasyarakat, sehingga ini bisa memberikan Ruh dan semangat sesuai nya bagi Rokan Hilir ini bisa jaya dimasa yang akan datang, " Sebutnya.