Riau

Literasi Digital: Privasi dan Keamanan di Dunia Digital

RIAULINK.COM - Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Riau yaitu, Drs. H. Syamsuar, M.Si, yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang PRIVASI DAN KEAMANAN DI DUNIA DIGITAL oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang drummer yang akan ikut berpartisipasi.

Perkembangan teknologi adalah hal yang tidak dapat dihindari dalam banyak hal perubahan, dibarengi hal itu sebagai pengguna internet penting untuk menajaga privasi dan keamanan di dunia digital. Menurut Al Akbar Rahmadillah, sebagai Founder of Sobat Cyber Indonesia, menjelaskan keamanan cyber merupakan tindakan yang dilakukan untuk melindungi sistem komputer dari serangan atau akses ilegal. Hal itu mengacu dari International Telecommunications Union (ITU), tindakan cyber security ini mencakup alat, kebijakan, dan konsep keamanan yang dapat digunakan untuk melindungi organisasi, dan aset pengguna.

Dengan menerapkan cyber security, dapat mengurangi resiko ancaman yang menyasar sistem komputer. Ada metode ancaman cyber yang perlu diketahui seperti malware, injeksi SQL, dan phishing yang menjadi masalah keamanan paling serius. Tips jika menjadi korban phishing seperti jangan panik dan tetap tenang menghadapi serangan phishing, segera hubungi call center atau datangi kantor dari perusahaan yang asli, laporkan ke polisi agar situs penyamar pelaku phishing segera diblokir, rubah semua password dan login informasi agar tidak disusupi oleh cracker tersebut.

Selain itu terdapat cara mengatasi cyber crime dengan update perangkat lunak, gunakan antivirus, menggunakan sandi yang kuat, hati-hati dengan email dari pengirim tidak dikenal, dan hindari menggunakan jaringan Wifi asing di tempat umum. Perlu diingatkan untuk waspada resiko Wifi publik usahakan gunakan data seluler pribadi untuk mengakses internet ketika berada di luar. Hal itu untuk menjaga keamanan berinternet ketika sedang berselancar di media sosial.