Metropolis

Mengenal Jenis Aplikasi Tepat dan Menguntungkan di Ruang Digital

INHIL, RIAULINK.COM - Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. 

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Riau yaitu, Drs. H. Syamsuar, M.Si. dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021, Selasa (12/10/2021).

Tema besar webinar KENALI JENIS APLIKASI TEPAT DAN MENGUNTUNGKAN DI RUANG DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan untuk ponsel cerdas. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan bertukar pesan tanpa pulsa, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet. Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi internet 3G, 4G atau WiFi untuk komunikasi data.

Dengan menggunakan WhatsApp,  dapat melakukan obrolan daring, berbagi file, bertukar foto, dan lain-lain.

Aplikasi Whatsapp dapat mengirimkan Foto langsung dari kamera, pengelola berkas , dan galeri. Video langsung dari video kamera, pengelola berkas, galeri, audio langsung yang direkam langsung, pengelola berkas, audio, lokasi, kontak (mengirim detail kontak dari kontak telepon), menurut Dr. Ahmad Zakiyudn, S.IP., M.Ikom sebagai Ketua Umum PERHUMANI Perhimpunan Humas Perguruan Tinggi Indonesia Akademisi UNLA.

Dr. Hj. Rofikatul Karimah, M.Si Widyaiswari Ahli Madya Kementrian Agam menjelaskan, jangan klik link atau balas pesan mencurigakan berbentuk apapun yang meminta informasi pribadi kamu seperti nama lengkap, nama ibu, alamat rumah, email, tanda pengenal diri, sandi, nomor rekening bank atau nomor kartu kredit, bahkan tanggal lahir.

Bahkan jika pesan tersebut dikirim oleh situs yang kamu percaya, seperti situs bank, jangan pernah klik link atau membalas pesannya. Sebaiknya kunjungi langsung situs atau aplikasi bank tersebut untuk login ke akunmu. Key Opinion Leader Azmy Zen seorang Presenter dan VO Talent yang membagikan pengalamannya tentang kenali jenis aplikasi tepat dan menguntungkan di ruang digital kita harus maksimal lagi dalam menggunakan aplikasi yang tepat apakah itu bermanfaat untuk kita atau tidak.