Ekonomi

Siak Jadi Tujuan Wisata, Gubri: UMKM Harus Ada Perkembangan Untuk Menarik Perhatian

SIAK, RIAULINK.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Siak dan melakukan audiensi bersama para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Siak di Kampung Benteng Hulu, Kecamatan Mempura, Selasa (12/10/2021).

Gubri, Syamsuar saat memberikan sambutan menyampaikan bahwa kedatangannya dan melakukan audiensi dengan pelaku UMKM tersebut merupakan bentuk kepedulian dan dukungan serta memotivasi anak muda Siak maupun daerah lain yang dikunjungi agar kembali bangkit dari situasi meskipun pandemi Covid-19 masih ada.

"Kita dan seluruh dunia tahu kalau saat ini masih dalam suasana pandemi namun meskipun demikian kita harus bangkit agar perekonomian kita pulih dan bangkit," kata Syamsuar memberi motivasi kepada para pelaku UMKM yang saat itu didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau Roni Rakhmat.

Ia mengungkapkan, dampak dari pandemi banyak para perajin terutama seniman, bukan hanya di Kabupaten Siak tapi juga daerah-daerah lain yang ada di provinsi Riau sehingga perlu kreativitas dari pelaku usaha untuk memanfaatkan teknologi digital untuk mempromosikan produk yang dihasilkan.

"Teknologi digital kita manfaatkan, sekarang juga kita sudah bisa beraktivitas berjualan lagi namun protokol kesehatan kita juga harus kita perhatikan," ucapnya.

Terangnya, sebagian negeri yang bersejarah serta negeri yang menjadi tujuan wisata di Riau tentunya pelaku UMKM di Siak harus ada perkembangan baru sehingga menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung ke Siak dan membawa oleh-oleh pulang ke daerah asal mereka.

Menurutnya Pandemi yang ada saat ini juga memiliki sisi positif untuk UMKM diantaranya pemanfaatan digitalisasi dengan mengikuti perlombaan dengan cara membuka wawasan sehingga kreatifitas masing-masing orang bisa tersalurkan baik kerajinan maupun kesenian dan lain sebagainya.

"Dengan digitalisasi maupun teknologi informasi tentunya semua boleh ikut dan itu merupakan kesempatan untuk pelaku UMKM unjuk kebolehan dan kami hari ini memberikan motivasi karena kami juga lagi menggerakkan ekonomi kreatif," tutupnya.

Ditempat yang sama, Gubri Syamsuar juga diakhir audiensi mempromosikan produk-produk yang di produksi oleh para pelaku usaha ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Siak.

"Kita siap membantu mempromosikan produk-produk UMKM, dan saya berpesan produk yang kita hasilkan harus ini jangan hanya dipromosikan didaerah sini saja. Kalau  memiliki moto dari Siak untuk Siak diganti saja menjadi Dari Siak Untuk Indonesia," tutupnya.