Olahraga

Salip Bali, Riau Nomor Urut 6 Perolehan Sementara Medali PON Papua

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Provinsi Riau terus mengumpulkan pundi-pundi medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Hingga Senin (11/10/2021) malam, kontingen Riau berhasil menambah 5 medali yang terdiri dari 2 emas yang datang dari Cabang olahraga renang dan angkat berat. Lalu 2 perak dan 1 perunggu.

Hasilnya saat ini Riau sudah kumpulkan 51 medali yang terdiri dari 16 emas, 19 perak dan 16 perunggu.

Atas raihan tersebut posisi Riau kini naik ke posisi 6 besar, menggeser kontingen Bali di perolehan sementara. Sementara Pulau Dewata harus rela turun ke posisi 7 menggantikan posisi Riau sebelumnya.

Sementara itu, posisi pertama hingga saat ini masih dipegang oleh Jawa Barat dengan raihan medali sebanyak 244. Rincianannya, 93 emas, 73 perak dan 78 perunggu. Posisi kedua dipegang oleh Jawa Timur dengan raihan 210 medali yang terdiri dari 83 emas, 67 perak dan 60 perunggu.

Selanjutnya di posisi ke 3 adalah DKI Jakarta dengan 223 medali yang terdiri dari 78 emas, 66 perak dan 79 perunggu. Sementara tuan rumah harus puas berada di urutan keempat dengan raihan 170 medali. Rinciannya, 68 emas, 36 perak dan 66 perunggu.

Sebelumnya pelatih angkat berat Riau Deriswan mengatakan, Riau masih berpeluang mendapatkan emas di beberapa nomor lagi. Pasalnya masih ada 8 nomor yang akan diikuti.

"Masih ada beberapa nomor lagi yang dipertandingkan. Seperti kelas 74 Kg putra dan 83 Kg putra. Kelas 93 Kg dan 105 Kg, selanjutnya di kelas 72 kg, 84 kg dan juga di kelas 84+. Untuk potensi emas insyaAllah," ujar Deriswan.

Namun ia tidak menjanjikan, tapi dilihat daripada kekuatan atlet adalah 50:50.

"Kita akan berhadapan dengan Lampung yang notabene adalah mantan juara Asia. Tetapi kita tetap optimis kita bisa merebut emas dari Lampung. Karena memang kalau dilihat dari usia atlet Lampung itu saat ini 37 tahun sedangkan atlet kita baru 20 tahun. Dari segi angkatan, hasil mereka di saat latihan itu insyaAllah sudah mendekatilah angkatannya dari Lampung. Jadi memang kita saat bertanding harus betul-betul berhitung secara jeli bagaimana strategi yang akan kita terapkan," sebutnya.

"Sekali lagi saya mohon doa dari seluruh masyarakat Riau agar kita bisa menambah medali emas lagi untuk Riau," pungkasnya.