Metropolis

Bahas Ranperda RTRW, DPRD Rohil Bersama Pemkab Kembali Gelar Rapat Lanjutan

ROHIL, RIAULINK.COM - Pansus DPRD Rohil bersama Pemerintah Daerah Menggelar rapat lanjutan pembahasan materi RTRW Kabupaten Rokan Hilir, Rapat tersebut dilaksanakan di Ruang Banmus Kantor DPRD Rohil Jalan Lintas Pesisir Sungai Rokan, Senin (11/10/2021).

"Hari ini rapat pembahasan materi RTRW, dan rapat ini merupakan rapat lanjutan dari rapat rapat Sebelumnya, dan ini mungkin sudah 2 bulan lebih kita rapat pembahasan RTRW antara DPRD dan pemerintah daerah. DPRD Rohil diwakili oleh Pansus yang dibentuk oleh DPRD  khususnya untuk membahas RTRW," Jelas Darwis syam.

Lanjut Darwis syam, kemudian untuk Pemerintah Daerah, RTRW ini banyak Tim penyusunan RTRW nya, hampir melibatkan seluruh Dinas. karena, materi RTRW ini melibatkan semua bidang Pemerintahan kita. Jadi hari ini kami melanjutkan pembahasan untuk menyelesaikan secepatnya Ranperda RTRW ini.

Memang dalam pembahasan ini sifatnya banyak yang teknis, dan kemudian ada aturan aturan yang baru setelah Rancangan ini disusun oleh pemda.

" Jadi ada beberapa yang harus menyesuaikan peraturan dan ketentuan yang baru, sehingga nanti RTRW ini tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan, dan Terget kita kalau pembahasan sudah selesai nanti kita laporkan kepada pimpinan untuk dijadwalkan untuk tahapan selanjutnya, " Ujarnya.

Darwis syam Menjelaskan, bahwa dalam pembahasan Raperda ini ada 2 Tingkat pembicaraan, yaitu pembicaraan tingkat pertama dan pembicaraan tingkat kedua, pembicaraan tingkat pertama, kemaren yang disampaikan oleh pak Bupati, dan kemudian ditanggapi oleh Fraksi, kemudian ada tanggapan dari Pemda dan dibahas. Selanjutnya bentuk pansus dan Tim RTRW dari pemerintah daerah.

" Itu pembicaraan tingkat pertama, dan kalau ini tidak selesai, baru nanti dibawa ke paripurna untuk pembicaraan tingkat kedua. Dan perda RTRW ini adalah perda yang menyangkut seluruh, karena nanti semua dokumen daerah ini merujuk pada RTRW," Sebut Darwis syam. 

Rapat dihadiri oleh Wakil Ketua ll DPRD Rohil Basiran Nur Efendi, SE, Pansus DPRD Rohil Darwis syam, Aswin,SE, dan 22 OPD dilingkungan pemerintah Kabupaten Rokan Hilir.