Lingkungan

Sebanyak 37 Hotspot Terpantau di 8 Wilayah Riau

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Hotspot atau titik panas kembali terpantau marak di Riau, Sabtu (9/10/2021). Jumlahnya meningkat dibandingkan hari sebelumnya.

Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru Yasir Prayuna mengatakan, hari ini ada 37 titik panas terpantau di Bumi Lancang Kuning.

"Ada 37 titik panas, jumlahnya meningkat dibandingkan sehari sebelumnya. Kemarin hanya terpantau 5 titik," ujar Yasir Prayuna.

Ia mengatakan, 37 titik panas tersebar di 8 wilayah dengan sebaran terbanyak itu berada di kabupaten Siak, yakni 9 titik.

"Selanjutnya di kabupaten Indragiri Hilir terdapat 8 titik, Bengkalis dan Pelalawan masing-masing 6 titik dan Indragiri Hulu 3 titik. Kemudian di kabupaten Kepulauan Meranti dan Kuantan Singingi masing-masing 2 titik dan Dumai satu titik," cakapnya.

Dikatakan Yasir, dari 37 titik tersebut 8 titik di level rendah dan sisanya berada di level sedang. Artinya, di wilayah tersebut belum bisa dipastikan apakah ada atau tidak kebakaran hutan dan lahan.

"BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," ungkapnya.

Ia menambahkan, suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 - 34.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 50 – 96 %. Sementara arah angin berhembus ke Selatan - Barat dengan kecepatan 05 – 30 Km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter.