Nasional

Dari Pisang, Kaesang Bicara soal Saham

Foto int.

RIAULINK.COM - Anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, dikenal sebagai sosok pengusaha muda bidang kuliner. Beberapa merek berkibar, seperti Sang Pisang, Ternakopi, Siap Mas, Yang Ayam, hingga Mangkokku.
Kini, Kaesang mulai terjun di dunia pasar modal sebagai seorang investor dan influencer. Ia pertama kali mencari tahu soal saham saat masih menyandang sebagai mahasiswa.

"Menurut saya, saat kuliah ilmunya itu-itu saja, jadi bosan. Akhirnya saya cari edukasi saham," katanya dalam Webinar SimInvest, Kamis (7/10).

Ia mengaku saat terjun pertama kali pada 2017 lalu, ia selalu merugi saat berinvestasi di pasar modal. Setelah dipelajari, ia baru mengetahui saham yang ia pilih selama ini termasuk third liner alias saham lapis ketiga.

Kaesang pun mulai serius untuk mendalami dunia saham dengan belajar analisis fundamental dan analisis teknikal. Dengan ilmu yang dimiliki, ia pun mampu meraup keuntungan perdana sebagai investor hingga 25 persen.

"Ini saham pertama yang buat saya untung sekitar 25 hingga 30 persen yaitu KINO," ujar Kaesang.

Ia melihat valuasi perusahaan tersebut saat itu masih tergolong rendah dan berhasil menembus keuntungan yang besar. Akhirnya, ia pun menyadari bahwa melakukan analisis terhadap pasar modal adalah langkah penting bagi investor.

Kaesang turut menyayangkan banyak investor ritel kini membeli saham tanpa menggunakan analisis yang jelas. Semata-mata hanya karena gengsi dan mengikuti apa kata orang lain.

"Bahayanya juga itu dimanfaatkan sebagian orang untuk exit (keluar)," sambung dia.

Founder Saham Rakyat ini menyarankan para investor untuk melakukan analisis terlebih dahulu sebelum membeli saham agar tidak merugi.