Operasi Patuh Lancang Kuning

Polres Dumai Terbitkan 250 Surat Tilang dan 221 Teguran

Keterangan foto : Kasatlantas Polres Dumai AKP Akira Ceria saat berbagi sembako dengan warga Kecamatan Dumai Kota yang sangat terdampak Covid-19

DUMAI, RIAULINK.COM - Satlantas  Polres Dumai telah mengeluarkan 250 surat bukti pelanggaran (tilang) dan 221 teguran terhadap pengendara kendaraan bermotor roda dua dan roda empat selama operasi patuh Lancang Kuning Kota Dumai 2021 digelar.

Dimana pelaksanaannya digelar selama dua pekan dari 20 September sampai 3 Oktober 2021.

Kasat Lantas Polres Dumai, AKP Akira Ceria mengatakan pelanggaran tersebut didominasi kendaraan roda dua. Adapun bentuk pelanggarannya seperti tidak menggunakan helem Standar Nasional Indonesia (SNI) sebanyak 86 orang.

"Angka tersebut (tak pakai helem) menurun dari tahun sebelumnya yakni sebanyak 127 pelanggaran,"sebut Akira kepada wartawan, Selasa (5/10/2021) di ruang kerjanya.

Kemudian pelanggaran melawan arus, sebanyak 54 pelanggaran, dibandingkan tahun sebelumnya sampai 89 pelanggaran.

Lalu pengendara di bawah umur ada lima orang, dibanding tahun 2020 yakni sampai 37 pelanggar.

"Lain-lain 68 atau naik dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebanyak 63 pelanggaran,"ungkap dia menerangkan.

Membandingkan dengan tahun lalu, jika angka pelanggaran cukup jauh menurun. "Tren penurunan pelanggaran mencapai 32,61 karena di tahun 2020, pelanggaran sebanyak 371 pelanggar,"papar dia.

Untuk teguran malah meningkat hingga 70 persen pasalnya bertambah hingga 221 teguran dari tahun sebelumnya hanya 130 teguran.

Ia mengaku tren angka penurunan dari pelanggaran selama operasi patuh Lancang Kuning dilaksanakan, karena tahun ini pihaknya lebih mengedepankan tindakan preemtif dan preventif. "Jadi hanya 250 surat tilang saja yang kita terbitkan,"kata mantan Kapolsek Bukit Kapur ini tersenyum.

Selain tindakan preemtif dan preventif tersebut, Satlantas Polres Dumai juga melakukan tindakan empati kepada masyarakat kurang mampu khususnya sangat terdampak Covid-19. Pihaknya mengadakan kegiatan bakti sosial dengan membagikan sembako dan masker.

Total 280 paket sembako yang sudah diserahkan, sedangkan masker yang sudah dibagikan ke masyarakat sebanyak 700 lebar demi mendukung program pemerintah dalam menekan angka Covid-19.

Tak lupa ia pun mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas selama berkendara. Dan yang terpenting tetap terapkan protokol kesehatan 5 M, memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

"Semoga setelah pelaksanaan operasi patuh ini angka laka lantas akan menurun bersamaan dengan angka Covid-19,"ucapnya mengakhiri.