Riau

Sekdaprov Riau Pastikan Pelaksanaan SKD CPNS Tidak Ada Peluang Untuk Curang

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto meninjau pelaksanaan ujian hari pertama Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), di UPT Assessment Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Selasa (5/10/2021).

Sekdaprov Riau mengucapkan selamat mengikuti ujian kepada para peserta. Ia menyebut, saat ini seleksi CPNS sudah sangat ketat dan tidak ada peluang curang bagi para calo maupun joki. Karena seleksi CPNS tahun ini sudah menggunakan teknologi face recognition.

Ia menerangkan, dari awal peserta melakukan pendaftaran sudah melakukan upload foto wajah, sehingga pada saat sebelum ujian juga dilakukan sensor muka apakah cocok atau tidak pada saat pendaftaran.

"Jangan percaya calo, joki, tidak ada itu. Kita disini tidak ada lagi calo, dari awal masuk pendaftaran itu sudah disensor mukanya nanti cocok atau tidak, data-data fisik pun terpantau, sedikit saja berbeda sudah terdeteksi," ucapnya.

SF Hariyanto mengungkapkan, nilai ujian peserta CPNS pun sudah ada passing grade dan sudah ada sistem rangking. Maka yang lulus seleksi CPNS ini, imbuh SF Hariyanto, merupakan orang-orang beruntung dan merupakan kader terbaik.  Ia berharap, CPNS yang nantinya lulus jadi PNS memiliki kualitas. 

"Tadi kita sudah tinjau, para peserta sudah melakukan tes. Tes ini diperlukan ketenangan, kesabaran, dan ini salah satu cara yang bisa untuk menjawab pertanyaan," katanya.

Sekdaprov Riau juga mengimbau kepada para peserta seleksi CPNS untuk mengikuti seleksi ini dengan baik. Jika nanti dinyatakan lulus jadi PNS, ia berharap dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

Ia mengungkapkan, sudah ada kesepakatan dari awal bahwa CPNS yang lulus jadi PNS, ketika menjalankan tugas minimal 10 tahun baru bisa mengajukan pindah, dan menurutnya aturan ini sudah jelas dan tidak bisa PNS asal pindah.

"Jadi tadi saya dapat laporan juga, ada kesepakatan nanti siapa yang lulus dan dimana dia bertugas minimal 10 tahun baru bisa pindah. Jadi jelas tidak ada bisa pindah," tutupnya.

Dalam peninjauan ini, Sekdaprov Riau didampingi Kepala Regional XII Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Neny Rochyani, Asisten I Setdaprov Riau, Jenri Salmon Ginting, dan Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan.