Peristiwa

Satu Heli Water Bombing Padamkan Kebakaran di Rantau Berangin

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Riau menerbangkan satu unit helikopter ke lokasi kebakaran lahan yang berada di perbukitan Desa Rantau Berangin, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Ahad (3/10/2021). 

"Iya tadi kita turunkan satu unit helikopter kita turunkan ke lokasi untuk water bombing kebakaran di daerah Rantau Berangin, Kabupaten Kampar," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal kepada CAKAPLAH.com, Ahad (3/10/2021). 

Edy menjelaskan, diturunkan satu helikopter water bombing karena hasil patroli udara yang dilakukan oleh tim Satgas Udara, lokasi lahan yang terbakar berada di perbukitan. Sehingga sulit dijangkau untuk oleh tim Satgas Darat.

"Memang lokasi kebakaran di Rantau Berangin agak sulit dijangkau dari Satgas Darat, sehingga kita dengan cepat menurunkan tim Satgas Udara ke lokasi," terangnya. 

Selain dari udara, lanjut Edy Afeizal, pemadaman juga dilakukan melalui jalur darat. Meski sumber air jauh dari lokasi kebakaran, namun petugas terus melakukan upaya pemadaman dengan memanfaatkan sumber air yang ada di sekitar lokasi kebakaran. 

"Sebelumnya tim Satgas Darat sudah berjibaku padamkan kebakaran, kemudian dibantu pemadaman melalui jalur udara," ungkapnya.

Sejauh ini, tambah Edy Afrizal, pihaknya belum bisa memastikan penyabab kebakaran lahan di wilayah tersebut. Termasuk luas lahan yang terbakar.

"Penyebabnya sedang diselidiki penegak hukum setempat, dan tim fokus melakukan pemadaman kebakaran agar tidak meluas," cakapnya.