Hukrim

Akibat Kabel Listrik PJU Dicuri, Dishub Dumai Rugi Ratusan Juta 

Keterangan foto : jejak kabel trafik light PJU milik Dishub Dumai yang dicuri OTK

DUMAI, RIAULINK.COM - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai mencatat, sejak Agustus hingga September 2021, 100 meter kabel listrik lampu penerangan jalan umum (PJU) di Dumai dicuri oleh oknum-oknum warga yang tidak bertanggung jawab.

Akibatnya, Dishub Kota Dumai mengalami kerugian hingga jutaan rupiah. Apalagi beberapa bulan belakangan ini kasus pencurian kabel terus meningkat.

"Pencurian kabel listrik PJU traffic light tersebut tepatnya berlokasi di bundaran arah menuju Jalan HR Soebrantas yang belum lama terjadi. Tak itu saja, ada juga PJU di Jalan Soekarno-Hatta, PJU Jalan Batu Bintang dan PJU Jalan Janur Kuning,"ungkap Eko Wardoyo, Plt Kepala Dishub Kota Dumai dengan nada kesal kepada wartawan melalui sambungan teleponnya.

Dengan kejadian tersebut, pihaknya pun tak tinggal diam, melainkan sudah melaporkan hal ini ke Polsek Dumai Timur. "Kita berharap secepatnya pihak kepolisian berhasil bekuk pencuri kabel listrik PJU tersebut biar ada efek jera,"sebutnya lagi.

Selain menggasak kabel listrik, oknum-oknum warga yang tidak bertanggung jawab juga menggasak solar sel dan baterai lampu PJU tenaga surya di Jalan Janur Kuning Jaya Mukti dan di Jalan Soekarno-Hatta termasuk travo listrik di Jalan Soekarno-Hatta.

"Kami imbau masyarakat ikut peduli menjaga aset milik pemerintah, apalagi aset tersebut untuk kepentingan umum seperti lampu PJU, traffic light dan lain sebagainya,"ujarnya.

Akibat pencurian tersebut, lampu jalan banyak yang mati termasuk lampu traffic light di simpang Bundaran Jalan HR Subrantas sempat padam beberapa hari. Namun saat ini sudah berfungsi kembali.

"Untuk itu kami berharap, bila melihat hal-hal yang mencurigakan, apalagi melihat ada oknum-oknum yang merusak fasilitas umum segera lapor ke instansi terkait," pungkasnya.