Metropolis

Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR RI Resmikan SPAM Kota Dumai

DUMAI, RIAULINK.COM - Walikota Dumai dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai, H. Indra Gunawan, S.IP, M.Si bersama Forkopimda Kota Dumai menyambut kedatangan Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian PUPR RI, Ir. Diana Kusumastuti, M.T. beserta rombongan di Kota Dumai.

Adapun tujuan Dirjen Cipta Karya ke Dumai ialah untuk Meresmikan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kota Dumai bantuan Bank Dunia/Nasional Urban Water Supply Project (NUWSP), berlokasi di Kilometer 12 Bukit Timah, Kecamatan Dumai Selatan. Kamis (30/09/2021).

Pembangunan SPAM NUWSP Kota Dumai ini merupakan program dari
Bank Dunia (World Bank) yang proses pengusulannya telah di mulai oleh Pemerintah Kota Dumai sejak tahun 2018, yang telah melewati tahapan survei, melengkapi Readiness Criteria, surat komitmen, penyusunan DED dan proses kegiatan lainnya.

IPA SPAM Kota Dumai menggunakan teknologi terbaru, Hollow Fiber Nano Filter (HFNF) yang baru pertama kali digunakan di Indonesia, dan bisa mengolah air Sungai Mesjid yang bergambut menjadi air sangat bersih sesuai dengan Permenkes 492 tahun 2010. 

Air ini nantinya akan disalurkan untuk enam kelurahan yaitu Kelurahan Mekar Sari, Kelurahan Bukit Datuk, Kelurahan Bumi Ayu, Kelurahan Buluh Kasap, Keluhan Bintan dan Kelurahan Jayamukti.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti SPAM Kota Dumai dan pengguntingan pita Gedung SPAM Kota Dumai.

Dilanjutkan dengan peninjauan IPA SPAM NUWSP Kapasitas 50 liter per detik dan intake atau bangunan penangkap air di Sungai Dumai Bukit Timah yang berada tidak jauh dari bangunan IPA SPAM NUWSP Kota Dumai.

Dalam sambutan Walikota Dumai, Sekda Kota Dumai mengatakan  atas nama Pemerintah Kota (Pemko) Dumai sangat bersyukur serta mendukung SPAM Kota Dumai baik SPAM Regional Dumai Rokan Hilir Bengkalis (Durolis) maupun program Optimalisasi SPAM dengan National Urban Water Supply Programme (NUWSP) hibah World Bank melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementrian PUPR.